Polda Kepri Siapkan 4.000 Personel Amankan Pilpres

id Polda,Kepri,Personel,polisi,Aman,Pilpres,pemilu,presiden

Batam (Antara Kepri) - Polda Kepri menyiapkan sekitar 4.000 personel untuk mengamankan Pemilihan Umum Presiden 9 Juli 2014 yang diikuti pasangan nomor urut satu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan pasangan nomor dua Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Sebanyak 4.000 personel tersebut hanya dari Polri saja. Kami juga akan dibantu oleh pasukan dari TNI," kata Kapolda Kepulauan Riau Brigjen Pol Endjang Sudradjat di Batam, Senin.

Ia mengatakan personel tersebut sebagian besar akan ditugaskan di Batam yang memiliki jumlah pemilih paling banyak dibanding kota/kabupaten lain di Provinsi Kepri.

"Personel akan memastikan proses Pemilu Presiden di Kepri lancar dan aman meski hingga saat ini tidak ada indikasi gejolak pascapemilihan," kata dia.

Kapolda juga meminta penyelenggara benar-benar netral agar tidak memicu keributan pendukung salah satu calon yang merasa dirugikan oleh penyelenggara.

"Kami tidak ingin kejadian di KPU Batam pada Pileg terulang. Penyelenggara harus benar-benar netral dan menjalankan tugasnya sesuai aturan," kata Kapolda.

Saat penghitungan suara Pemilihan Legislatif beberapa waktu lalu sempat terjadi kekacauan dan keributan di Kantor KPU Batam. Di mana  sejumlah caleg merasa dicurangi oleh oknum penyelenggara pemilu Batam.

Ketua KPU Kepri, Said Sirajuddin mengatakan segera kembali mengakifkan dua komisioner nonaktif KPU Batam setelah tiga lainnya dipecat oleh DKPP.

Said juga mengatakan akan segera melantik pengganti komisoner dipecat dengan terlebih dahulu dilakukan verifikasi.

"Kami akan verifikasi dulu terhadap dua nama calon anggota KPU Batam yang pada seleksi sebelumnya masuk 10 besar. Kalau masih memenuhi syarat akan segera dilantik," kata dia.

Seorang lain, kata dia, sudah lebih dulu dilantik menjadi komisioner KPU Batam beberapa waktu lalu. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE