Pemkab Natuna Prioritaskan Pembangunan Pelabuhan Kapal Besar

id Pemkab, Natuna, Prioritaskan, Pembangunan, Pelabuhan, Kapal Besar,

Natuna (Antara Kepri) - Pemerintah pusat dan daerah, kembali akan mengucurkan anggaran untuk pembangunan pelabuhan untuk kapal besar di empat daerah perbatasan yang ada di Natuna.

Ke empat pelabuhan yang dimaksud, adalah Pelabuhan Pulau Laut, Subi, Midai dan Serasan.  Sementara untuk Serasan sudah dimulai pembangunannya sejak tahun 2013 lalu.

"Tahun ini ada lagi kucuran bantuan pembangunan pelabuhan untuk empat daerah di perbatasan dari pemerintah pusat, seperti pelabuhan di Subi, Midai, Pulau laut dan Serasan," ungkap Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Natuna, Siswandi, baru-baru ini di Ranai.

Menurut Siswandi, pembangunan empat pelabuhan tersebut, dilaksanakan secara multiyears atau tahun jamak serta di sesuaikan dengan Detail Engineering Desain (DED) yang sampaikan.

"Untuk anggaran yang akan diberikan setiap daerah disesuaikan dengan Detail Engineering Desain (DED). “ Ini akan dilakukan secara multiyears, jadi anggaran yang dikucurkan tidak sama setiap tahun, disesuaikan dengan DEDnya," katanya.

Masih menurut Siswandi, direncanakan untuk Pelabuhan Midai dan Serasan akan dibangun pelabuhan yang bisa bersandar kapal besar seperti KM Bukit Raya milik Pelni. Sementara untuk Subi dan Pulau laut, pelabuhan untuk bersandar kapal perintis.

"Selama ini kan kapal besar tidak bisa sandar. Barang dan penumpang kapal harus sandar di tengah laut untuk berpindah ke kapal kayu. Itu sangat rawan. Seperti di Serasan pernah memakan lima korban. Makanya ini kita jadikan skala prioritas dari pemerintah," pungkas Siswandi. (Antara)


Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE