Terjadi Lagi Pembajakan Kapal di Laut Anambas

id Terjadi, Lagi Pembajakan, Kapal, di Laut, Anambas

Anambas (Antara-Kepri) - Dugaan pembajakan kapal kembali terjadi di perairan laut Kepulauan Anambas, kapal tanker Moresby 9 yang membawa Marine Gas Oil (MGO), diduga telah dibajak sekitar 34 mil disekitar perairan Anambas, Jum'at (4/7) malam.

Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Agung Jaya Saktika mengatakan tidak menampik adanya dugaan pembajakan terhadap kapal tanker yang terdaftar di Honduras itu . Meski demikian, dirinya menegaskan posisi kapal saat ini sudah berada dalam posisi aman berikut dengan crew dari kapal tersebut.

"Memang benar, tapi untuk posisi kapalnya dan crew saat ini sudah aman. Posisinya sekarang sudah sampai di Vietnam," ujarnya saat ditemui Selasa (8/7) sore.

Kendati posisi baik kapal dan crew kapal telah dinyatakan aman, namun sayangnya muatan kapal tanker berupa BBM yang diketahui mencapai 2.200 ton  telah dikuras habis diduga oleh para pembajak.

"Hanya saja isi BBM nya yang terkuras habis," terangnya.

TNI Angkatan Laut Indonesia sebelumnya bergerak setelah adanya informasi dari Informasi Fusion Centre (IFC) di Singapura yang ditanggapi waspada pula oleh Badan Penegakan Maritim Malaysia (MMEA). Pemilik kapal diketahui telah kehilangan kontak dengan kapal saat meninggalkan perairan Malaysia.

Pihak The Regional Cooperation Agreement on Combating Piracy and Armed Robbery Against Ships in Asia (ReCAAP) menyatakan, perusahaan pengiriman berhasil menghubungi Moresby 9 dan saat ini sedang melakukan investigasi terhadap apa yang telah terjadi di kapal tanker itu. Kejadian ini pun merupakan kali kedua yang menimpa Moresby 9. Sebelumnya, MMEA berhasil menggagalkan aksi penyedotan bahan bakar dari kapal tanker pada tahun 2013 lalu. (Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE