Pemkot Batam Salurkan 8.500 Paket Sembako Ramadhan

id Pemkot,Batam,Paket,Sembako,Ramadhan

Batam (Antara Kepri) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, menyalurkan 8.500 paket sembako bersubsidi untuk meringankan beban ekonomi warga masyarakat miskin dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga pada Ramadhan dan Idul Fitri.

"Paket sembako itu kami sediakan di bazar yang menjadi agenda tahunan untuk meringankan beban keluarga pada bulan Ramadhan," kata Kepala Bagian Perekonomian Pemkot Batam Nurminsyah di Batam, Jumat.

Paket sembako yang dijual Rp50.000 tiap paket itu berisi lima klogram beras, tiga liter minyak goreng dan dua kg gula.

Menurut Nurmin, di pasaran harga sembako itu bisa mencapai Rp100.000. Pemerintah menyubsidi kekurangan bayaran tiap paket itu.

"Kami siapkan sembako itu dipaket. Harganya murah, satu paket Rp50 ribu. Kalau di pasar-pasar, harganya mencapai Rp80 hingga Rp100 ribu," kata dia.

Paket sembako itu dijual di 12 kecamatan yang ada di kota secara bergilir tiap pekan.

Ia mengatakan setiap kecamatan mendapatkan jatah sembako murah berbeda, tergantung jumlah warga masyarakat yang dianggap membutuhkan di tiap wiayah.

"Bazar sembako diprioritaskan untuk rumah tangga miskin. Mereka yang ingin mendapatkannya membawa Kartu Pengendali Sosial atau fotokopi KTP dan medapatkan nomor antrean," kata dia.

Pada tahun ini Pemkot Batam menyiapkan 17 ribu paket sembako murah yang dijual dua kali, yaitu saat Ramadhan dan akhir tahun, menjelang Natal dan Tahun Baru.

Pemkot mengalokasikan anggaran Rp1,054 miliar untuk menyubsidi paket sembako murah dalam dua tahapan bazar.

Sementara itu, kecamatan yang paling banyak mendapatkan kuota sembako murah adalah Seibeduk 1.000 paket serta Sagulung, Batuampar, Bengkong dan batuaji masing-masing 800 paket.

Kemudian Sekupang 750 paket, Lubukbaja 650 paket, Batam Kota 650 paket, Nongsa 600 paket serta Galang, Bulang, dan Belakangpadang masing-masing 550 paket. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE