Disdik Karimun Adakan Pesantren Ramadhan untuk Siswa

id Disdik,Karimun,Pesantren,Ramadhan,Siswa

Karimun (Antara Kepri) - Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau mengadakan pesantren Ramadhan selama sepekan untuk siswa di daerah setempat sebagai sarana pembinaan mental generasi muda.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Karimun Bakri Hasyim di Tanjung Balai Karimun, Senin mengatakan, pesantren Ramadhan itu dimulai hari ini dengan diikuti seluruh siswa beragama Islam, baik SMP maupun SMA sederajat.

"Pelaksanaannya di sekolah masing-masing yang teknisnya kami serahkan kepada kepala sekolah dan majelis guru," katanya.

Bakri Hasyim mengatakan, pesantren Ramadhan merupakan agenda rutin setiap bulan Puasa sekaligus mengisi masa liburan dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat.

Menurut dia, pesantren Ramadhan merupakan salah satu program pembinaan mental siswa selain menguasai ilmu pengetahuan umum.

"Siraman rohani yang diberikan selama pesantren Ramadhan diharapkan menjadi pondasi bagi generasi muda agar menjadi insan berguna bagi bangsa dan negara bila ia dewasa," katanya.

Materi pesantren Ramadhan, menurut dia ditekankan pada pengetahuan tentang ibadah, seperti shalat, puasa, zakat, haji, kemudian tentang akidah, tauhid dan akhlak.

Ibadah, akidah, tauhid ditambah dengan muamalah atau hubungan baik sesama manusia, menurut dia harus ditanamkan seiring dalam jiwa generasi muda.

"Kalau tidak ditanamkan dari sekarang, kita khawatir akhlak generasi muda menjadi rusak akibat pengaruh budaya asing," katanya.   

Para siswa diharapkan dapat mengikuti pesantren Ramadhan karena tidak hanya menambah ilmu agama untuk diamalkan, tetapi bernilai ibadah di bulan suci.

"Selain mendapat ilmu dari ceramah agama, pesantren Ramadhan juga diisi dengan acara tadarusan dengan membaca Alquran sampai 30 juz dalam sepekan," katanya.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Karimun Sugianto mengatakan pesantren Ramadhan di sekolah yang ia dipimpin diikuti siswa sebanyak 802 orang.

Para siswa mulai mengikuti pesantren kilat itu mulai pukul 07.00 hingga 12.00 WIB.

"Pesantren Ramadhan ini setiap tahun kita laksanakan. Siswa beragama Islam kita wajibkan mengikutinya," kata dia. (Antara)

Editor: Nurul Hayat

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE