Panwaslu: Partisipasi Pemilih Rendah Akibat Minimnya Sosialisasi

id Panwaslu,Partisipasi,Pemilih,Rendah,Minim,Sosialisasi,pemilu,presiden,karimun

Karimun (Antara Kepri) - Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau menilai rendahnya partisipasi pemilih dalam Pemilu Presiden, 9 Juli 2014 turut disebabkan minimnya sosialisasi, terutama bagi pemilih di pulau-pulau.

"Sosialisasi Pilpres sangat minim, berbeda dengan Pemilu Legislatif yang didukung dengan sosialisasi oleh para relawan demokrasi," kata Ketua Panwaslu Karimun Tiuridah Silitonga di Tanjung Balai Karimun, Senin.

Tiuridah mengatakan, partisipasi pemilih dalam Pemilu Presiden diperkirakan hanya berkisar 60 persen, lebih rendah dibandingkan Pemilu Legislatif yang mencapai 73,3 persen.

Partisipasi pemilih dalam Pemilu Legislatif 9 April 2014, menurut dia, juga meningkat dibandingkan Pemilu Legislatif 2009 yang berkisar 60 persen.

Berdasarkan pantauannya, partisipasi pemilih terendah ditemukan di pulau-pulau, bahkan ada TPS yang jumlah pemilihnya mencapai 300 orang, namun yang menggunakan hak pilihnya tidak sampai separuhnya.

"Selain minimnya sosialisasi dari KPU, peranan dari tim pemenangan masing-masing pasangan calon belum maksimal dalam meningkatkan kesadaran pemilih untuk memilih," kata dia.

Sosialisasi Pilpres, menurut dia tidak hanya sekadar menyampaikan bahwa Pilpres dilaksanakan pada 9 Juli, tetapi harus diiringi dengan ajakan agar pemilih memiliki kesadaran yang tinggi dalam menyukseskan pesta demokrasi.

"Seharusnya partisipasi pemilih dalam Pilpres lebih tinggi dari pada Pileg, karena memilih RI 1. Tapi, kenyataannya lebih rendah," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, rendahnya partisipasi pemilih juga dikarenakan beberapa penyebab, antara lain hujan yang mengguyur pada pagi hari menjelang pemungutan suara.

"Pagi-pagi, saat hujan turun. TPS masih sepi, baru sekitar pukul 08.00 agak ramai. Kemungkinan warga di pulau-pulau sudah turun ke laut menangkap ikan atau menggarap lahan pertaniannya," katanya.

Selain itu, faktor berpuasa dan bertepatan dengan pertandingan sepak bola Piala Dunia ia perkirakan turut menjadi penyebab banyaknya pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya.

Berdasarkan data sementara di KPU Karimun, jumlah suara yang masuk (belum termasuk Kecamatan Kundur dan Durai) sekitar 104.773, sedangkan pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya sebanyak 58.916 suara, atau hampir 40 persen.

Pemilih yang tidak mencoblos di Kecamatan Karimun sebanyak 14.992 orang, Meral 11.480 orang, Tebing 6.077, Meral Barat 2.752, Buru 4.685, Kundur Utara 5.558, Kundur Barat 4.364, Ungar 1.613, Belat 3.164 dan Moro 4.231.

Sementara, Daftar Pemilih Tetap (DPT), jumlah pemilih tercatat sebanyak 168.169 dengan rincian pemilih laki-laki 86.126 orang dan perempuan 82.043 orang. (Antara)

Editor: Adi Lazuardi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE