Puncak Arus Mudik Batam Diperkirakan H-4

id Puncak,pesawat,Arus,bandara,Mudik,penumpang,kapal,Batam,H-4,lebaran

Batam (Antara Kepri) - Otoritas Bandara Internasional Hang Nadim Batam memperkirakan puncak arus mudik melalui transportasi udara akan terjadi pada H-4 Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriyah atau pada 25 Juli 2014.

"Kami memperkirakan penumpang akan mencapai sekitar 6.000 orang. Sebagian besar akan meninggalkan Batam, yang datang kemungkinan hanya sedikit saja," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam Suwarso di Batam, Selasa.

Bandara Internasional Hang Nadim Batam dikelola langsung oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Kementerian Perhubungan, bukan oleh PT Angkasa Pura layaknya bandara besar lainnya.

"Sejak awal puasa, rata-rata penumpang 4.000 orang per hari. Kami memperkirakan, beberapa hari ini akan terus meningkat hingga mencapai di atas 6.000 orang per hari pada H-4 nanti," kata dia.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, jumlah arus mudik dari Batam didominasi penerbangan ke sejumlah kota di Pulau Sumatera seperti Medan Sumatera Utara, Padang Sumatera Barat, Pekanbaru Riau, Palembang Sumatera Selatan, Jambi, Lampung.

Untuk tujuan Pulau Jawa didominasi penerbangan ke Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya yang memiliki jumlah penerbangan langsung lebih dari satu kali perhari.

Sementara untuk tujuan Bandung Jawa Barat dan Semarang Jawa Tengah baru dilayani satu kali per hari oleh maskapai Lion Air.

Selain dua pulau tersebut, ada juga penerbangan ke Pulau Kalimantan seperti Pontianak dan Balikpapan untuk menghubungkan Batam dengan Sulawesi, Maluku, Papua.

Maskapai Lion Air yang menjadikan Bandara Internasional Hang Nadim Batam penghubung (hub) wilayah barat Indonesia sebagai operator penerbangan terbesar dari bandara dengan landas pacu 4,025 kilometer tersebut diikuti Citilink, Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Wings Air, Firefly, Malindo Air.

"Lion Air dan Citilink akan menambah sejumlah penerbangan mengantisipasi lonjakan arus mudik. Lion Air menyiapkan 3-4 pesawat cadangan sementara Citilink satu pesawat," kata Suwarso.

Berdasarkan informasi terakhir, kata dia, tiket penerbangan tujuan Pulau Sumatera terutama Padang dan Pekanbaru sudah habis terjual hingga hari H Lebaran Idul Fitri. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE