Pertamina Sumbagut Pastikan Pasokan BBM Lebaran Aman

id Pertamina,Sumbagut,batam,Pasokan,BBM,Lebaran,Aman

Batam (Antara Kepri) - Pertamina Wilayah I Sumatera Bagian Utara memastikan pasokan bahan bakar minyak di wilayah itu cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat Pemilihan Presiden hingga mudik Lebaran.

"Kami pastikan selama masa lebaran, digabungkan dengan Pilpres, BBM terpenuhi dengan baik," kata  GM Marketing Operation Region (MOR) I Pertamina Sumbagut, Jumali di Batam, Selasa.

Pertamina menambah jam kerja, untuk memastikan seluruh kebutuhan masyarakat tertangani.

Selain itu Pertamina juga akan terus melakukan distribusi BBM ke SPBU pada hari libur, untuk mengantisipasi kelangkaan BBM.

"Untuk daerah-daerah rawan macet seperti di Sumatera Barat, pasokan akan ditambah," kata dia tanpa menyebutkan angka.

Pertamina juga menambah 80 unit mobil tanki untuk mendistribusikan premium. Kendaraan itu diambil dari mobil tanki yang biasa mengantar solar.

Ia menjabarkan secara umum kebutuhan BBM jenis premiun seluruh wilayah Sumbagut akan naik enam persen, mulai 1 Juli hingga 10 hari setelah Lebaran.

"Khusus untuk arus mudik mendekati Lebaran, peningkatannya tinggi, naik 32 persen, selama dua pekan," kata dia.

Sementara untuk jenis solar, diperkirakan akan berkurang hingga lima persen dari kebutuhan normal, sehingga tidak akan ada masalah.

Sementara untuk elpiji, diperkirakan kebutuhannya naik 20 persen, dimulai dari masa awal Ramadhan hingga Lebaran, karena masyarakat memasak lebih banyak dan toko kue mulai produksi.

Untuk avtur, diperkirakan naik 12 persen dari kondisi normal. Namun kenaikan itu tidak terjadi di seluruh wilayah Sumbagut.

"Kebanyakan terjadi di Kuala Namu dan Padang. Sedangkan Kepri relatif stabil. Batam malah potensi turun," kata dia menjelaskan.

Untuk mengantisipasi kurangnya pasokan, ia mengatakan pihaknya melakukan pengawasan secara khusus BBM di terutama di SPBU Pertamina, agen dan pengecer.

Di tempat yang sama, Ketua Rombongan Komisi VII DPR RI Alimin Abdullah mengatakan lega dengan penjabaran Pertamina.

"Bisa tenang, tidak ada kekurangan," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE