Partisipasi Pemilih Anambas dibawah Target Nasional

id Partisipasi Pemilih, Anambas, dibawah, Target Nasional , radja

Anambas (Antara Kepri) - Dari total daftar pemilih yang ada di Anambas sebanyak 31.259 pemilih, hanya 20.719 pemilih yang menggunakan hak pilihnya pada tanggal 9 Juli 2014 yang lalu ini.

Komisioner KPU Kabupaten Anambas, M. Sani yang dimintai tanggapannya mengenai hal itu menyebut, terdapat beberapa hal yang membuat partisipasi pemilih di kabupaten maritim ini berada dibawah target yang ditetapkan oleh pihak pusat sebesar 75%.

"Pertama bola , karena orang banyak yang nonton piala dunia hingga larut malam. Selain itu, cuaca tidak mendukung. Juga bulan puasa. Sehingga kecenderungan pemilih untuk datang ke TPS jadi menurun," ujarnya Rabu (16/7) di Tarempa.

Dia menjelaskan bahwa pihaknya , selain beberapa hal yang menurutnya membuat antusias pemilih menjadi menurun, terdapat beberapa faktor lainnya yang membuat antusias pemilih menurun.

Hal itu yakni minimnya anggaran dari pusat untuk sosialisasi hingga pelaksanaan Pemilihan Presiden ini berlangsung. "Anggaran dari pusat minim untuk kegiatan sosialisasi. Paling ada hanya untuk pasang spanduk. Target dari pusat kan 75%, sekarang kita presentasenya sekitar 67%," terangnya.

Meski demikian, M. Sani  mengaku selama pelaksaaan Pilpres, tidak menemukan adanya laporan maupun kendala yang menggangu jalannya pesta demokrasi di Anambas.

Antusias pemilih pada Pemilihan Presiden tahun ini sebelumnya diakui Sani mengalami perubahan dibandingkan dengan Pemilu Legislatif 9 April 2014 beberapa waktu lalu. Pihaknya mengatakan, presentase antusias pemilih pada tahun ini  mencapai angka 75%.

"Presentasenya segitu. Itu memang skala nasional. Anambas pun lebih kurang begitu. Pileg kemarin kan presentasenya 82 persen sekian. Pada prinsipnya, KPU berharap ada peningkatan," ujarnya beberapa waktu lalu.

Pihaknya pun tetap berupaya untuk mensosialisasikan untuk menggunakan hak pilihnya, termasuk masyarakat Anambas yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan. "Presentase itu sudah mencakup masyarakat kita yang nelayan. Nelayan di Tarempa untuk hari ini mana ada melaut selama pelaksanaan pencoblosan berlangsung. Upaya kita salah satunya sosialisasi supaya menggunakan hak pilihnya. Termasuk imbauan dari tim pemenangan untuk mengimbau memilih serta tidak golput," terangnya. (Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE