Jokowi-JK Menang di Karimun

id Jokowi,Menang,Karimun,pemilu,presiden,kpu,pilpres,rekapitulasi,suara,hatta,prabowo

Karimun (Antara Kepri) - Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla menang dengan meraih 64,64 persen suara berdasarkan rekapitulasi suara Pilpres dalam rapat pleno terbuka KPU Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu.

Dari total suara sah sebanyak 101.352, pasangan calon nomor urut dua Jokowi-JK unggul dengan meraih 65.509 suara, sedangkan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa meraih 35.843 suara.

Jokowi-JK unggul di seluruh kecamatan dengan persentase tertinggi di Kecamatan Kundur yang mencapai 70 persen.

Di Kecamatan Durai, Jokowi-JK unggul dengan 1.655 suara sedangkan Prabowo-Hatta 1.184 suara. Di Kecamatan Moro Jokowi-JK unggul dengan 6.257 suara mengalahkan Prabowo-Hatta yang hanya meraih 2.902 suara.

Di Kecamatan Buru, Jokowi-JK juga menang dengan 2.289 suara sedangkan Prabowo-Hatta meraih 1.801 suara.

Sedangkan di Kecamatan Kundur, Jokowi-JK menang telak dengan 9.532 suara mengalahkan Prabowo-Hatta yang hanya meraih 3.604 suara.

Di Kundur Utara juga menang dengan 3.855 suara mengalahkan Prabowo-Hatta yang meraih 1.636 suara. Di Kundur Utara juga unggul dengan 6.027 suara mengalahkan Prabowo-Hatta yang meraih 2.488 suara.

Jokowi-JK juga unggul di Kecamatan Belat dengan 2.161 suara mengalahkan Prabowo-Hatta yang meraih 833 suara. Sementara, di Kecamatan Ungar, Jokowi-JK kembali unggul dengan 1.828 suara dan Prabowo-Hatta 753 suara. Di Kecamatan Meral, Jokowi-JK unggul dengan 17.035 suara atas Prabowo-Hatta yang meraih 6.103 suara.

Di Kecamatan Tebing Jokowi-JK kembali unggul dengan 6.377 suara atas Prabowo-Hatta yang meraih 4.654 suara.

Selanjutnya di Kecamatan Meral Barat, Jokowi-JK juga meraih kemenangan dengan 3.130 suara mengalahkan pasangan nomor urut satu yang meraih 2.673 suara. Terakhir, di Kecamatan Karimun, Jokowi-JK unggul dengan 11.466 suara mengalahkan Prabowo-Hatta yang meraih 7.212 suara.

Berdasarkan pantauan, rapat pleno terbuka yang dikawal 76 personel Polres Karimun berjalan lancar tanpa ada keberatan dari saksi kedua pasangan calon.

Saksi kedua pasangan calon sama-sama menyatakan menerima hasil penghitungan perolehan suara yang dipaparkan seluruh panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Saksi Prabowo-Hatta, Suyadi menyatakan, rekapitulasi suara yang diumumkan KPU Karimun pada akhir rapat pleno sama dengan data yang ia miliki.

Hanya saja, ia meminta beberapa PPK agar menyerahkan berita acara revisi penghitungan suara yang dilakukan di tingkat PPK.

"Masalah angka sama, tetapi kami minta berita acara revisi diberikan kepada kami," kata dia.

Hal yang sama juga disampaikan saksi Jokowi-JK, John Vito Yuna yang juga menerima hasil rekapitulasi suara namun meminta berita acara perbaikan rekapitulasi suara yang dilakukan PPK.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Karimun, Tiuridah Silitonga mengatakan, sebagian besar hasil rekapitulasi suara yang disampaikan PPK sinkron dengan data yang ia miliki.

"Memang ada beberapa kekeliruan yang direvisi, seperti kesalahan pengisian formulir D1 atau DA1. Tetapi, angka-angkanya sama. Kami berharap perbaikan yang dilakukan di tingkat PPK tetap dibuat berita acaranya," katanya.

Ketua KPU Karimun, Ahmad Sulton yang memimpin pada penghunjung rapat pleno langsung mengesahkan dan menetapkan rekapitulasi penghitungan perolehan suara.

"Tidak ada kejadian khusus atau keberatan dari para saksi. Maka dengan ini KPU Karimun menetapkan perolehan suara masing-masing pasangan calon yang ditandatangani seluruh komisioner KPU, saksi dua pasangan calon dan panwaslu," kata Ahmad Sulton. (Antara)

Editor: Fredrich C Kuen

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE