Syahbandar Siapkan Posko Mudik di Pelabuhan Karimun

id Syahbandar,Mudik,penumpang,Pelabuhan,Karimun,posko,lebaran

Karimun (Antara Kepri) - Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, menyiapkan posko di pelabuhan internasional dan domestik Tanjung Balai Karimun.

Tujuannya adalah untuk melayani penumpang yang mudik menjelang Lebaran 2014.

"Posko Mudik sudah kita siapkan, termasuk juga menyiapkan satu tenda khusus untuk menumpang penumpang yang tidak tertampung di ruang tunggu keberangkatan," kata Kepala Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Balai Karimun, Barlet Silalahi di Tanjung Balai Karimun, Kamis.

Syahbandar dan sejumlah instansi terkait juga melakukan rapat koordinasi di Mapolres Karimun pada Rabu (17/7) untuk membahas pelayanan dan antisipasi lonjakan penumpang mudik, termasuk juga di pelabuhan antarpulau Sri Tanjung Gelam atau Boom Panjang, Tanjung Balai Karimun.

"Seluruh instansi terkait diikutsertakan di posko dan bertugas sesuai dengan kewenangannya," katanya.

Ia mengatakan, jajarannya siap memberikan pelayanan kepada pemudik, baik dari kesiapan kapal yang laik laut, sarana prasarana dan pengamanan.

"Seluruh kapal sudah naik dok untuk memastikan laik berlayar. Sarana dan prasarana juga sudah dibenahi, seperti dermaga, koridor dan ruang tunggu," ujarnya.

Mengenai lonjakan penumpang, menurut dia sudah mulai terlihat pada Rabu (16/7), khususnya penumpang KM Kelud milik PT Pelni tujuan Jakarta yang mengangkut 500 penumpang.

"Lonjakan penumpang diperkirakan meningkat mulai H-10, namun kami perkirakan tidak setinggi tahun lalu karena anak-anak sekolah mulai mengakhiri masa liburan," ucapnya.   

Barlet meminta seluruh kapal menyiapkan peralatan keselamatan berlayar, seperti jaket pelampung dan sarana navigasi.

Ia juga meminta perusahaan pelayaran tidak memberangkatkan kapal dengan penumpang melebih kapasitas kapal.

"Pihak perusahaan pelayaran akan menyiapkan kapal cadangan untuk mengatasi lonjakan penumpang," katanya.

Ketua Asosiasi Pemilik Kapal Nasional Indonesia (INSA), Bustami Datuk Raja Marah menyatakan, INSA telah menyiapkan kapal cadangan, antara lain MV Mikonata dan Dumai Express jurusan Selatpanjang, Buton, Riau untuk mengatasi lonjakan penumpang.

"Sama seperti tahun lalu, kapal cadangan berangkat jika terdapat tumpukan penumpang di pelabuhan," kata Bustami. (Antara)

Editor: Fredrich C Kuen

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE