Polres Karimun Tes "Urine" Nakhoda Kapal

id Polres,Karimun,narkoba,Tes,Urine,Nakhoda,Kapal,mudik,lebaran

Polres Karimun Tes "Urine" Nakhoda Kapal

Petugas medis dari Kepolisian Resor Karimun memeriksa tekanan darah seorang nakhoda kapal dalam kegiatan cek urine di Markas Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Tanjung Balai Karimun, Senin (21/7). Polres Karimun mengecek urine nakhoda kapal untuk me

Karimun (Antara Kepri) - Kepolisian Resor Karimun, Provinsi Kepulauan Riau menggelar tes "urine" kepada sejumlah nakhoda kapal yang melayani penumpang mudik Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah.

Tes "urine" digelar di Markas Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Tanjung Balai Karimun, Senin disaksikan Kapolres Karimun AKBP Dwi Suryo Cahyono, Plh Bupati Karimun Aunur Rafiq, dan sejumlah anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah.

"Tes urine bertujuan untuk memastikan seluruh nakhoda bebas dari narkotika dan obat-obat berbahaya," kata AKBP Dwi Suryo Cahyono.

Tes urine itu, menurut dia, tidak hanya untuk nakhoda kapal feri yang melayani rute Batam, Tanjungpinang atau sejumlah daerah di Provinsi Riau, tetapi termasuk juga nakhoda kapal antarpulau dalam kabupaten.

Ia mengatakan, kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun itu merupakan bagian dari upaya mewujudkan keselamatan pelayaran, salah satunya denga memastikan nakhoda kapal bebas narkoba.

"Narkoba bisa membuat seseorang dalam kondisi tidak sadar. Kita tidak ingin keselamatan penumpang terancam gara-gara nakhodanya pecandu narkoba," ucapnya.

Menurut dia, nakhoda yang terbukti mengkonsumsi narkoba tidak dibenarkan untuk menakhodai kapal sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

"Tidak ada toleransi bagi pelaku transportasi umum yang mengkonsumsi narkoba," katanya.

Ia juga meminta nakhoda tidak mengkonsumsi alkohol yang dapat mempengaruhi kesadaran yang berisiko terjadinya kecelakaan di laut.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye antinarkoba. Semua lini harus bersih dari narkoba," katanya.

Di tempat yang sama, Plh Bupati Karimun yang juga Ketua Umum Badan Narkotika Kabupaten Karimun Aunur Rafiq mengapresiasi tes urine yang dilaksanakan untuk nakhoda tersebut.

"Kami mendukung penuh, tidak hanya untuk mendukung terciptanya keselamatan pelayaran, tetapi juga untuk memberantas narkoba di semua elemen masyarakat," katanya.

Berdasarkan pantauan, seluruh nakhoda yang dites urine-nya dinyatakan negatif mengkonsumsi narkoba. (Antara)

Editor: Riza Fahriza

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE