Transaksi Wesel Pos Batam Ratusan Miliar Rupiah

id Transaksi,Wesel,Pos,Batam,paket,lebaran

Batam (Antara Kepri) - Transaksi jasa pelayanan wesel di Kantor Pos Batam mencapai ratusan miliar rupiah menjelang Idul Fitri 1435 Hijriah, kata Kepala Kantor Pos Batam Dodik Budiantono di Batam, Rabu.

"Totalnya belum kami hitung benar hingga hari ini, namun mencapai ratusan miliar rupiah," kata Dodik.

Ia mengatakan tiap hari, rata-rata pengiriman uang mencapai Rp3-5 miliar rupiah dengan pincak pengiriman pada 14 dan 15 Juli 2014 yang mencapai Rp10 miliar," kata Dodik.

Kebanyakan pengiriman dilakukan untuk daerah-daerah di Pulau jawa dan Sumatera.

"Arus dana luar biasa," kata dia.

Sementara untuk pengiriman paket, rata-rata tiga ton per hari dengan puncak tanggal 14 Juli yang mencapai lima ton dalam sehari.

Jasa pengiriman paket dan wesel melalui Kantor Pos Batam pada perayaan Idul Fitri 1435 H meningkat hingga 10 persen dibandingkan Lebaran tahun lalu.

"Kenaikannya tidak tidak signifikan, hanya 10 persen," kata Dodik.

Ia mengatakan setiap tahun Kantor Pos Batam sudah mengantisipasi pengiriman paket dan wesel yang terus meningkat setiap tahun.

Dan tahun ini, Kantor Pos Batam sempat mengalami kewalahan, karena keterbatasan penerbangan, sehingga khawatir ada paket yang tidak bisa diantar sesuai dengan waktunya.

"Ada kesulitan dengan penerbangan, tapi syukur ada kemudahan sehingga lima ton per hari bisa terangkut ke seluruh Indonsia," kata dia.

Kantor Pos Batam akan beroperasi seperti biasa sesuai dengan hari libur nasional, dan akan buka kembali pada Rabu (30/7), khusus di Kantor Pos cabang Batam Kota, Batuaji dan Nagoya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Batam Ahmad Dahlan mengatakan banyaknya dana dan paket yang dikirimkan dari Batam ke luar kota menandakan sebagai kawasan industri, batam berhasil menjadi penyokong perekonomian Indonesia.

"Arus pengiriman barang di Batam tinggi, ini artinya penting. Logikanya Batam menjadi temoat bekerja mencari uang. Ada penghasilan di Batam, yang hasilnya tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga dikirim," kata dia.

Wali Kota yakin, jumlah dana dan paket ke luar Batam, jauh lebih besar dari data yang dimiliki Kantor Pos Batam, karena ada banyak perusahaan jasa pengiriman uang dan paket.

"Ada efek domino dari Batam, arus uang ke luar, dan volumenya besar. Ini bentuk kontribusi yang besar bagi Indonesia, pertanda baik," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE