BMKG: Kepri Berawan saat Shalat Id

id BMKG,Kepri,Berawan,cuaca,gelombang,karimun,batam,natuna,anambas,bintan,tanjungpinang,lingga,Shalat,Id,lebaran

Batam (Antara Kepri) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, Minggu memperkirakan cuaca di seluruh wilayah saat Shalat Idul Fitri, Senin (28/7), berawan.

Petugas Forecaster Nizam Mawardi memperkirakan hampir seluruh wilayah Kepri berawan pada Senin pagi, berawan hujan ringan pada siang dan kembali berawan pada malamnya.

Selain dapat menambah kekhusyukan ibadah Shalat Id, cuaca di Kepri juga masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat dan udara bagi warga Kepri yang hendak bersilaturahmi.

"Sedangkan untuk transportasi laut diimbau agar lebih berhati-hati terhadap arus laut yang cukup kuat di wilayah perairan Bintan dan Natuna," kata dia.

Adanya pola belokan angin (shearline) di wilayah Kepri sebenarnya berpotensi menumbuhkan awan. Namun, kelembaban udara lapisan atas yang rendah kurang mendukung dalam pertumbuhan awan, kata dia.

Secara detail, ia memperkirakan, cuaca Kota Batam Senin pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 36 kilometer per jam arah selatan.

Suhu udara di Batam antara 25 sampai 32 derajat celsius dengan kelembaban 65 sampai 95 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan 0,5 sampai 1,2 meter.

Cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada Senin pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam kembali berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 38 kilometer per jam arah tenggara.

Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan antara 25 sampai 32 derajat Celsius dengan kelembaban 65 sampai 95 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan 0,5 sampai 1,5 meter.  

Di Karimun pada Senin pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin mencapai lima sampai 26 kilometer per jam arah tenggara.

Suhu udara di Karimun antara 25 sampai 32 derajat celsius dengan kelembaban 65 sampai 95 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan 0,5 sampai satu meter.

Sementara cuaca di Lingga, pada Senin pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 30 kilometer per jam arah tenggara.

Suhu udara di Lingga antara 24 sampai 32 derajat Celsius dengan kelembaban 70 sampai 94 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,5 sampai 1,5 meter.

Kabupaten Natuna pada Senin pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam kembali berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 36 kilometer arah selatan.

Suhu udara di Natuna antara 25 sampai 33 derajat Celsius dengan kelembaban 68 sampai 93 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,8 sampai 1,8 meter.

Sedangkan di Kabupaten Anambas, pada Senin pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 34 kilometer arah selatan.

Suhu udara Anambas antara 25 sampai 33 derajat Celsius dengan kelembaban 60 sampai 90 persen, sedangkan ketinggian gelombang diperkirakan mencapai 0,8 sampai 1,8 meter. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE