Arus Mudik di Pelabuhan Karimun Mulai Normal

id Arus,Mudik,Pelabuhan,Karimun,Normal,lebaran

Arus Mudik di Pelabuhan Karimun Mulai Normal

Suasana mudik Lebaran di pelabuhan domestik Tanjung Balai Karimun, Minggu (27/7). (antarakepri.com/Rusdianto)

Karimun (Antara Kepri) - Arus mudik di pelabuhan domestik Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau pada H-1 Lebaran 2014, Minggu, mulai normal.

"Jumlah penumpang sudah berkurang, sudah normal. Kita tinggal melihat lonjakan penumpang pada arus balik nanti," kata Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut dan Kepelabuhanan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Balai Karimun, Rudolf di Tanjung Balai Karimun, Minggu.

Rudolf mengatakan sebagian besar penumpang yang berangkat hari ini merupakan pemudik jurusan Provinsi Riau, yaitu Selatpanjang, Dumai, Bengkalis dan Buton.

"Untuk tujuan Batam juga masih banyak. Namun demikian, semua penumpang dapat terangkut dengan kapal yang ada, tidak ada penambahan jadwal keberangkatan," kata dia.

Ia menjelaskan, arus mudik Idul Fitri 1435 Hijriah di pelabuhan domestik maupun internasional Tanjung Balai Karimun mencapai puncaknya pada H-2, Sabtu (26/7).

Dia menuturkan, pada H-2, pemudik jurusan Riau juga lebih dominan dengan jumlah mencapai seribu orang.

Ia mengatakan, jumlah kapal yang diberangkatkan ke jurusan tersebut meningkat hampir dua kali lipat dari biasanya.

"Kalau normalnya yujuh trip, maka kemarin mencapai 13 trip. Sedangkan untuk jurusan Batam 20 trip, naik 10 persen dari trip normal," tuturnya.

Meski melonjak, seluruh penumpang pada H-2 dapat terangkut meski beberapa calon penumpang dari Malaysia yang hendak melanjutkan perjalanan ke Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau sempat tertunda keberangkatannya.

"Penumpang asal Malaysia itu kebanyakan TKI, mereka tiba dari Malaysia pada sore hari. Sedangkan jadwal keberangkatan kapal lebih siang. Namun, mereka semua dapat diberangkatkan setelah dikoordinasikan dengan perusahaan pelayaran yang akhirnya memberangkatkan beberapa 'speedboat' atau kapal cepat," kata dia.

Berdasarkan pantauan, ratusan penumpang memadati ruang tunggu keberangkatan namun tidak seramai H-2.

Pada H-2, penumpang membludak hingga memenuhi tenda yang disiapkan untuk menampung lonjakan penumpang di depan pelabuhan internasional yang berdampingan dengan pelabuhan domestik tampak kosong.

Darwis, salah seorang calon penumpang MV Mikonatalia tujuan Selatpanjang mengaku tidak kesulitan mendapatkan tiket kapal.

"Saya berangkat hari ini karena agak sepi. Kemarin terlalu padat," kata dia. (Antara)

Editor: I Ketut Sutika

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE