Parade Beduk Semarakkan Malam Takbiran di Karimun

id Parade,Beduk,Malam,Takbiran,Karimun,lebaran,idul,fitri

Parade Beduk Semarakkan Malam Takbiran di Karimun

Plh Bupati Karimun Aunur Rafiq didampingi anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah menabuh beduk pada malam takbir Idul Fitri 1435 Hijriah di Panggung Rakyat Sri Kemuning, Tanjung Balai Karimun, Minggu (27/7) malam. Pemkab Karimun menggelar parade be

Karimun (Antara Kepri) - Parade menabuh beduk diikuti utusan dari perwakilan kecamatan menyemarakkan malam takbiran menyambut Idul Fitri 1435 Hijriah di Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Minggu (27/7) malam.

Parade beduk digelar di Panggung Rakyat Sri Kemuning, Coastal Area, Tanjung Balai Karimun dengan peserta utusan empat kecamatan di Pulau Karimun Besar, yaitu Karimun, Meral, Tebing, dan Meral Barat.

Masing-masing peserta menampilkan kemahiran menabuh beduk diiringi dengan kumandang takbir yang menggema di langit pesisir pantai timur Tanjung Balai Karimun tersebut.

Utusan dari Kecamatan Meral Barat misalnya, menyuguhkan perpaduan antara bunyi beduk dengan dencingan alat musik marawis serta rebana.

Peserta dari Kecamatan Karimun unjuk kebolehan dengan mengumandangkan takbir berirama musik padang pasir.

Penampilan setiap peserta memukau jamaah masjid dan warga masyarakat yang memadati lokasi, tidak terkecuali Pelaksana Harian Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Aunur Rafiq mengatakan parade beduk merupakan sesuatu yang baru dilaksanakan pada malam takbiran menyambut Idul Fitri.

"Parade beduk ini merupakan yang pertama kali digelar menggantikan pawai takbir keliling kota yang dinilai lebih banyak mudarat daripada manfaatnya. Ke depan, kegiatan seperti ini akan kita tingkatkan," katanya.

Ia menilai parade beduk tidak kalah semaraknya dibandingkan dengan pawai takbir.

"Yang penting adalah esensi dalam takbiran, yaitu merayakan kemenangan setelah sebulan berpuasa, bukan untuk ugal-ugalan keliling kota," katanya.

Menurut seorang anggota panitia penyelenggara, Wahyu, parade beduk tidak sekadar pertunjukan, tetapi turut diperlombakan untuk memotivasi agar setiap peserta menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam menabuh beduk diiringi kumandang takbir.

"Kami menyiapkan dewan juri untuk menilai penampilan setiap peserta," kata dia.

Acara parade beduk tersebut turut dihadiri anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, antara lain Kapolres Karimun AKBP Dwi Suryo Cahyono, Danlanal Karimun Letkol Laut Hery Winarno, Dandim 0317/Karimun, Ketua DPRD Karimun Raja Bakhtiar, serta sejumlah pejabat daerah.

Dalam acara itu, Bupati Karimun Nurdin Basirun yang sedang menunaikan ibadah umrah di Tanah Suci Mekkah, melalui sambungan telepon turut mengucapkan selamat Idul Fitri kepada masyarakat.

"Saya sedang di depan Baitullah mendoakan agar Karimun senantiasa aman, damai, dan makin maju," kata Nurdin melalui telepon yang diterima Aunur Rafiq dan diperdengarkan kepada masyarakat menggunakan pengeras suara.

Konvoi Motor


Sementara itu, konvoi kendaraan bermotor dengan knalpot berbunyi keras masih mewarnai jalan-jalan utama Tanjung Balai Karimun meski pemerintah daerah meniadakan pawai takbir.

Ratusan kendaraan yang didominasi pemuda berkelompok melakukan konvoi di tengah pengamanan ketat aparat kepolisian di setiap persimpangan jalan.

Kapolres Karimun AKBP Dwi Suryo Cahyono mengatakan pihaknya mengerahkan 135 polisi untuk pengamanan aktivitas masyarakat menjelang Lebaran, termasuk pengamanan lokasi Bazar Ramadhan di Pasar Puan Maimun yang hingga tengah malam masih dipadati ribuan warga untuk berbelanja kebutuhan Lebaran. (Antara)

Editor: Maximianus Hari Atmoko

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE