Arus Penumpang Pelabuhan Batam Naik 400 Persen

id Arus,Penumpang,Pelabuhan,Batam,,mudik,lebaran,punggur

Batam (Antara Kepri) - Syahbandar Pelabuhan Domestik Telaga Punggur, Batam, mencatat jumlah penumpang yang menggunakan pelabuhan tersebut pada puncak arus mudik dan balik Idul Fitri 1435 Hijriah naik sekitar 400 persen dibanding hari-hari biasa.

"Arus penumpang tertinggi terjadi pada hari kedua Lebaran (29/7) dengan penumpang tiba di pelabuhan sebanyak 8.200 orang dan meninggalkan Batam sebesar 8.500 orang. Sementara pada hari biasa yang berangkat sekitar 2.000 orang dan datang 1.700 orang," kata Syahbandar Pelabuhan Domestik Telaga Punggur, Erwin Syafrizal di Batam, Kamis.

Ia mengatakan, pada hari tersebut menjadi puncak arus mudik dari Batam ke Tanjungpinang dan sebaliknya melalui Pelabuhan Domestik Telaga Punggur milik BP Batam.

Erwin mengatakan, operator Feri Baruna yang pada hari biasa melayani rute Batam-Tanjungpinang sebanyak 22 kali, pada hari tersebut menambah pelayaran hingga menjadi 36 kali/trip.

Sementara itu operator Feri Marina yang pada hari biasa melayani 20 kali penyeberangan, pada hari kedua lebaran itu menambah hingga 28 kali pelayaran.

"Pada Rabu (30/7) jumlahnya berkurang menjadi 8.000 penumpang datang ke Batam dan 7.000 orang meninggalkan Batam," kata dia.

Ia mengatakan, pada Kamis jumlah pengguna transportasi melalui pelabuhan tersebut menurun hanya sekitar 5.000 orang datang dan pergi.

"Hari ini cenderung sepi. Mungkin pada Sabtu (2/8) dan Minggu (3/8) akan kembali melonjak karena Senin sudah hari pertama masuk kerja," kata Erwin.

Erwin mengatakan, selain dari Tanjungpinang pada Sabtu dan Minggu mendatang arus balik juga berasal dari Kabupaten Lingga yang akan dilayani dua kapal.

"Mulai kemarin (Rabu) setiap hari dikirimkan satu feri tambahan dari Telaga Punggur ke Lingga untuk mengangkut penumpang kembali ke Batam. Karena kapal reguler tidak akan mampu melayani lonjakan penumpang," kata dia.

Pelabuhan Telaga Punggur adalah satu di antara dua pelabuhan domestik utama milik BP Batam yang menghubungkan Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas Batam dengan daerah lain. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE