Penyeberangan ASDP Batam Mulai Normal

id ASDP,Batam,mudik,lebaran,idul,fitri,Normal,roro,penyeberangan,karimun,lingga,telaga,punggur

Batam (Antara Kepri) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Telaga Punggur Batam, Kepulauan Riau,  menyatakan jumlah pengguna transportasi "roll- on roll-off " (roro) sudah berangsur normal setelah arus puncak balik terjadi pada Rabu.

"Hari ini (Kamis) mulai normal. Puncak arus balik sudah terjadi kemarin (Rabu) yang dilayani dengan 25 kali penyeberangan Batam-Tanjunguban," kata Kepala Cabang PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Batam, Dadag Wijanarko di Batam, Kamis.

Ia mengatakan, karakteristrik pengguna transportasi penyeberangan dari Batam tujuan Tanjunguban, Bintan adalah masyarakat yang hendak berwisata dan mengunjungi saudaranya yang berada pada pulau berdekatan tersebut.

Hal tersebut, kata dia, mengakibatkan arus mudik dan arus balik terjadi pada H-1 hingga H+1 Lebaran, tidak seperti pada daerah lain yang terjadi sekitar sepekan setelah Lebaran.

"Dalam satu atau dua hari ini kami perkirakan semua akan kembali ke Batam untuk bekerja. Karena hari ini sudah mulai normal," kata dia.

Berdasarkan data ASDP Telaga Punggur, dari H-7 sampai H+1 Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah penumpang yang meninggalkan Batam (arus mudik) sebanyak 11.734 orang, roda dua 3.246 unit, roda empat 2.162 unit.

Sementara dari Tanjunguban ke Telaga Punggur Batam pada H-7 hingga H+1 jumlah penumpang 10.659 orang, 2.710 motor dan 1.819 unit mobil.

"Jadi penumpang yang belum balik dari Tanjunguban ke Batam masih ada 1.075 orang, 536 unit motor dan 343 unit mobil," kata dia.

Ia mengatakan, secara keseluruhan bila dibanding musim mudik pada 2013 rata-rata per hari mengalami kenaikan 30 persen.

"Tingginya pertumbuhan kendaraan bermotor yang disebabkan naiknya tingkat ekonomi masyarakat membuat jumlah pengguna transportasi penyeberangan terus meningkat," kata Dadag.

ASDP Telaga Punggur menyiapkan tiga kapal penyeberangan untuk melayani Batam-Tanjunguban. Selain itu, ASDP Telaga Punggur juga melayani pelayaran ke Lingga dan Karimun masing-masing satu kali per pekan. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE