Pemkab Natuna Mekarkan Tiga Kecamatan di Perbatasan

id Pemkab,Natuna,pemekaran,Kecamatan,bunguran,Perbatasan,midai

Natuna (Antara Kepri) - Untuk menunjang percepatan pembangunan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat di daerah perbatasan, Pemerintahan Kabupaten Natuna terus melakukan upaya pemekaran wilayah kecamatan terdepan.

Dalam waktu dekat ini, Pemerintah Natuna akan memproses pemekaran tiga kecamatan, yakni kecamatan Bunguran Batubi akan dimekarkan dari Kecamatan Bunguran Barat, Kecamatan Pulau Tiga Barat yang akan dimekarkan dari Kecamatan Pulau Tiga dan Kecamatan Midai Swak akan dimekarkan dari Kecamatan Midai.

"Proses pemekaran tiga kecamatan tersebut, sedang dalam pengkajian akademis oleh Pemerintah Kabupaten Natuna bersama Universitas Tanjung Pura (Untan) Pontianak Kalimantan Barat," ungkap Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setkab Natuna, Syawal di Kantor Bupati Natuna.

Dikatakan Syawal, proses kajian itu akan bisa rampung pada pertengahan Agustus 2014 ini, sehingga ketiga kecamatan baru itu bisa dimekarkan secepatnya.

"Proses kajiannya sedang berjalan, dan kami berharap proses ini bisa selesai pertengahan bulan depan, agar bisa terwujud tahun ini," paparnya.

Terkait batas wilayah dan jumlah penduduk, Syawal mengaku tidak ada kekhawatiran, meski jumlah penduduknya tidak mencapai jumlah minimal penduduk sebuah kecamatan, sebagaimana tertera pada PP No 19 tahun 2008 tentang kecamatan. 

"Kalau jumlah penduduk kita akui memang masih kurang, akan tetapi ada pengecualian bagi daerah di perbatasan dan banyak pulau-pulaunya. Tujuan utama pemekaran ini adalah untuk mempercepat laju pembangunan di wilayah perbatasan," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE