Gubernur Belum Terima Nama Legislator Baru

id Gubernur,kepri,Nama,Legislator,pemilu,legislatif,dprd

Batam (Antara Kepri) - Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Robert Iwan L menyatakan Gubernur Muhammad Sani belum menerima nama-nama anggota DPRD kota dan kabupaten hasil Pemilihan Legislatif 2014.

"Hingga saat ini Gubernur belum menerima satu pun nama-nama anggota terpilih yang seharusnya dikirimkan wali kota dan bupati. Jadi apa yang harus diproses? Gubernur akan memproses jika sudah menerima surat dari masing-masing kepala daerah mengenai nama-nama anggota dewan terpilih," kata Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, Robert Iwan L di Batam, Rabu.

Ia mengatakan, jika semua nama-nama dewan masing-masing kota/kabupaten sudah dikirimkan tidak membutuhkan waktu lama untuk memproses dan menerbitkan SK-nya.

"Sampai sekarang belum ada usulan dari kabupaten/kota melalui bupati/wali Kota. Jangan dibalik. Jangan dituding Gubernur yang lamban," kata Robert.

SK, kata dia, dikeluarkan berdasarkan usulan kabupaten/kota atas hasil ketetapan KPU mengenai nama-nama terpilih.

"Bahkan, kami lebih proaktif dengan mengirimkan surat pada 18 Juli 2014, meminta nama-nama anggota dewan terpilih, untuk di SK-kan. Namun tidak ada balasan," kata dia.

Robert mengatakan, jika dalam minggu ini surat usulan sudah sampai ke Gubernur maka masih ada waktu jika anggota DPRD baru kabupaten/kota dilantik akhir Agustus 2014.

Untuk pelantikan anggota DPRD Kepri yang diperkirakan akan dilaksanakan September 2014 mendatang, kata dia, KPU Kepri sudah memasukkan surat ke Pemprov agar mengajukan ke Mendagri untuk dikeluarkan SK pelantikan DPRD Kepri.

"KPU Kepri sudah menyampaikan surat ke kami. Kami segera mengirimkan ke Mendagri agar di SK-kan," kata Robert.

Terpisah, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan sudah menandatangani surat usulan nama-nama anggota DPRD terpilih dari KPU Batam.

"Saya sudah terima nama-namanya dan sudah saya tandatangani. Suratnya juga sudah saya kirim ke Gubernur. Bahkan sudah ditentukan jadwal pelantikan pada 29 Agustus nanti," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE