Pemkab Natuna Teken MoU Bandara Ranai

id Pemkab,Natuna,Teken,MoU,Penggunaan,Bandara,Ranai

Pemkab Natuna Teken MoU Bandara Ranai

Penandatanganan MoU penggunaan Bandar Udara Ranai. di Gedung Antonov Persada Halim Perdana Kusuma, Jakarta. (antarakepri.com)

Natuna (Antara Kepri) - Pemerintah Kabupaten Natuna menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan TNI AU, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, serta Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau tentang penggunaan bersama Pangkalan TNI AU Ranai sebagai Bandar Udara Ranai.

MoU ini berlangsung di Gedung Antonov Persada Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur pada 11 Agustus 2014 yang dihadiri langsung oleh Bupati Natuna Ilyas Sabli beserta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna. Sedangkan dari Pemerintahan Provinsi Kepri dihadiri Wakil Gubernur Soerya Respationo.

Bupati Natuna Ilyas Sabli usai penandatanganan tersebut di Ranai mengatakan, sesuai dengan surat Kepala Staf TNI AU, nomor B/207-09/21/178/DISFASKONOU tanggal 4 Maret 2013, tentang kerja sama pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) terhadap Bandar Udara Ranai, Pemerintah Kabupaten Natuna telah mengucurkan anggaran tahun jamak sebesar Rp187.418.800.000.

"MoU ini dilaksanakan adalah untuk mendukung terselenggaranya penerbangan sipil, sesuai kesepakatan dengan pihak TNI AU. Tahun 2013 lalu, Pemerintah Kabupaten Natuna telah menganggarkan sebesar Rp187 miliar lebih, melalui anggaran tahun jamak," ungkap Ilyas Sabli.

Untuk pelaksanaan pembangunan bandar udara ini, pada akhir Juli 2014, progres pekerjaan telah mencapai 60 persen, sementara penyerapan atau pencairan dana, baru 50 persen. Pemerintah Kabupaten Natuna menargetkan pembangunan bandara tersebut selesai pada Mei 2015.

"Kita berharap Bandar Udara Ranai bisa selesai menjelang Agustus 2014, paling cepat Mei 2014," kata Ilyas lagi.

Dengan telah dilaksanakan MoU ini, tambah Ilyas, maka akan disampaikan kepada regulator, dalam hal ini adalah pihak Kementerian Perhubungan untuk dijadikan regulasi atau payung hukum sebagai rencana induk Pembangunan Bandara Udara Ranai.

Selain itu tambah Ilyas, Wakil Gubernur dalam kesempatan yang sama, juga berharap semoga, pembangunan Bandara Ranai bisa selesai dalam waktu yang disepakati. Ini dimaksudkan agar pelayanan penerbangan di Bandara Ranai bisa lebih ditingkatkan. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE