73 Pegawai Karimun Dianugerahi Satyalencana Karya Satya

id Pegawai,Karimun,anugerah,Satyalencana,Karya,Satya

Karimun (Antara Kepri) - Sebanyak 73 pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, menerima tanda jasa "Satyalencana Karya Satya" sebagai bentuk penghargaan bagi pegawai yang mendedikasikan diri kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Penghargaan Satyalencana Karya Satya diberikan secara simbolis oleh Bupati Karimun Nurdin Basirun kepada sepuluh pegawai dalam upacara peringatan HUT RI ke-69 di halaman rumah dinas bupati, Tanjung Balai Karimun, Minggu.

Nurdin Basirun mengatakan tanda jasa "Satyalencana Karya Satya" diberikan kepada para pegawai yang mengabdi tulus dan ikhlas, jujur, cakap dan memiliki kedisplinan secara terus menerus mulai dari 10, 20 hingga 30 puluh tahun.

Adapun 73 pegawai yang meraih penghargaan tersebut adalah 33 orang untuk pegawai yang mengabdi selama 10 tahun, 25 orang mengabdi 20 tahun dan 15 orang yang mengabdi 30 tahun.

Penganugerahan tanda jasa tersebut, menurut dia, mengacu pada Keputusan Presiden No 6/TK/2014 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan "Satyalencana Karya Satya".

"Penghargaan ini sebagai tanda terima kasih kepada para pegawai yang berdedikasi dan mengabdi dengan tulus dan ikhlas," kata dia.

Nurdin mengatakan momentum peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-69 hendaknya memotivasi para pegawai agar terus menerus meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat.

Ia mengatakan kebersamaan, persatuan dan kerja ikhlas hendaknya dijadikan sebagai modal dalam menjalankan tugas pelayanan masyarakat.

"Usia kemerdekaan yang sudah 69 tahun bukanlah hadiah atau syukur yang datang dari langit. Tapi, buah dari perjuangan pada pahlawan yang harus disyukuri dengan mengisi pembangunan," kata dia.

Upacara yang dipimpin Nurdin Basirun dihadiri seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Karimun, dilaksanakan sebelum pelaksanaan upacara Detik-detik Proklamasi yang dipusatkan di Panggung Rakyat Putri Kemuning Coastal Area Tanjung Balai Karimun.

Sekretaris Daerah Karimun TS Arif Fadillah mengatakan pelaksanaan upacara HUT RI ke-69 sengaja dilaksanakan dua kali, yaitu khusus untuk pegawai Pemkab yang digelar di halaman rumah dinas bupati, dan untuk umum yang dilaksanakan di Panggung Rakyat Putri Kemuning.

Khidmat

Sementara itu, upacara peringatan Detik-detik Proklamasi di pelataran Panggung Rakyat Putri Kemuning berlangsung khidmat dan lancar.

Ratusan peserta upacara dari berbagai instansi dengan khidmat mengikuti prosesi upacara dengan disaksikan ratusan warga masyarakat.

Pengibaran bendera Merah Putih diiringi kumandang lagu "Indonesia Raya" oleh paskibra yang dikomandani Letda Laut (PM) Ahmad Dimiati juga berlangsung dengan mulus.

Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Karimun Nurdin Basirun. Sedangkan pembacaan Naskah Proklamasi disampaikan Ketua DPRD Karimun Raja Bakhtiar.

Nurdin Basirun usai upacara mengatakan, peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-69 merupakan momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan masyarakat Karimun yang merupakan daerah perbatasan.

"Penguatan rasa kebangsaan adalah modal bagi pembangunan, apalagi Karimun dihadapkan pada berbagai ancaman dan tantangan sebagai daerah perbatasan," kata dia.

Sejalan dengan tema HUT RI ke-69, masyarakat Karimun mendukung suksesi kepemimpinan nasional hasil Pemilu 2014 demi kelanjutan pembangunan menuju Indonesia yang makin maju dan sejahtera.   

Usai upacara Detik-detik Proklamasi, acara dilanjutkan dengan atraksi dari sejumlah prajurit TNI AL dari Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjung Balai Karimun dan atraksi komunitas jet-ski di perairan Tanjung Balai Karimun, depan Panggung Rakyat Putri Kemuning. (Antara)

Editor: Chaidar Abdullah

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE