Buruh Batam Peringati Kemerdekaan dengan Donor Darah

id Buruh,pekerja,metal,Batam,Peringatan,hut,Kemerdekaan,Donor,Darah

Batam (Antara Kepri) - Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Batam, Minggu, menggelar donor darah dan panggung terbuka di Panbil Mal, Mukakuning untuk memperingati HUT ke-69 Kemerdekaan RI.

Acara yang digelar sejak pagi tersebut ramai dihadiri pengunjung yang sebagian besar buruh kawasan industri di Mukakuning dan merupakan anggota FSPMI Batam.

"Kegiatan ini sebagai wujud nyata kepedulian buruh terhadap masyarakat. Kegiatan inilah yang kami pilih untuk memperingati kemerdekaan Indonesia," kata Koordinator Garda Metal FSPMI Batam, Suprapto.

Hasil darah yang terkumpul selama kegiatan tersebut, kata dia, akan diserahkan ke PMI Batam sebagai persediaan bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Kami harap hasil kegiatan ini akan bermanfaat. Karena sering kali PMI Batam kekurangan stok darah yang dibutuhkan masyarakat," katanya.

Selain kegiatan donor darah, juga dilakukan sejumlah kegiatan kreatif seperti parade musik, pagelaran tari daerah pada panggung terbuka depan pusat perbelanjaan tersebut.

"Ini salah satu bentuk kepedulian kami dalam memaknai hari kemerdekaan Republik Indonesia," kata Suprapto.

Sebelum kegiatan tersebut, pekerja Kawasan Bamindo Mukakuning juga melakukan upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Pada hari Kemerdekaan RI tersebut, hampir semua perusahaan meliburkan karyawannya.

Pantauan lapangan, hampir seluruh perusahaan di Kawasan Batamindo Mukakuning tidak beroperasi, padahal meski Minggu tetap ramai karena perusahaan tidak libur.

"Hari ini libur, cuma upacara saja. Perusahaan lain juga pada diliburkan," kata seorang karyawan, Keisya.

Sementara itu upacara peringatan detik-detik Proklamasi 17 Agustus 1945 tingkat Kota Batam dipusatkan di Dataran Engku Puteri Batam Centre. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE