Asmara Pemuda Thailand-Putri Kepri dalam PTN

id Asmara,demang,megat,Pemuda,Thailand,Putri,Kepri,PTN,parade,tari,nusantara,tmii

Batam (Antara Kepri) - Kisah asmara antara pemuda Thailand bernama Demang Megat dengan pemudi asal Natuna, Kepulauan Riau yang digubah dalam sendratari akan ditampilkan dalam Pagelaran Tari Nusantara di Taman Mini Indonesia Indah, 26 Agustus 2014.

Tarian yang dikreasikan oleh koreografer asal Kepri, Sudarmi itu akan mewakili Kepri dalam parade tahunan di TMII, kata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Kepulauan Riau Arifin Nasir, Senin.

"Kami menampilkan tarian yang menceritakan legenda tentang Engku Fatimah dengan Demang Megat dari Patani Thailand," kata Arifin.

Dalam legenda, Engku Fatimah merupakan perempuan yang cacat namun berjiwa besar untuk menentang kemungkaran dan melawan lanun atau bajak laut di Perairan Natuna.

Dalam perjuangan itulah ia bertemu dengan Demang Megat, pria asal Thailand.

"Alur cerita tari ini bagus, dan kemarin sudah mendapatkan penilaian objektif dari juri nasional. Menurut mereka, tampilan tarian yang akan disuguhkan diparade tari nusantara itu mengalir dan rangkaiannya jelas," kata Arifin.

Tarian itu akan dibawakan Sanggar Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna, sebagai pemenang pertama Parade Tari Daerah tingkat Provinsi Kepri, di Tanjungbalai Karimun, beberapa waktu lalu.

Tarian itu mengalahkan belasan tarian yang dibawakan sanggar tari lain dari kabupaten kota lain di Kepri.

"Dan mereka sudah mempersiapkan diri hampir dua bulan untuk Parade Tari Nusantara ini," kata dia.

Arifin berharap perwakilan dari Kepri bisa mendapatkan penghargaan tertinggi dari parade tingkat nasional itu, minimal menjadi urutan kedua terbaik, seperti yang didapatkan Kepri pada Parade Tari Nusantara, dua tahun lalu.

Kepri, menurut dia, selalu mendapatkan penghargaan dalam pagelaran tari yang diadakan setiap tahun itu. Dan akan terus dipertahankan.

"Selama ini Kepri mendapatkan penghargaan bagus. Setiap tahun dapat penghargaan. Tahun ini, target kami, sekurangnya mempertahankan 2012 yaitu peringkat II nasional. Karena pada 2013 kami hanya masuk lima besar dan dua penghargaan," kata dia.

Kepri akan memberangkatkan tim yang terdiri dari 12 penari, delapan putri dan empat putra, 13 pemusik dan lima orang penata busana, penata rias dan peseni lainnya.

"Kami berangkatkan 'full team'," kata Arifin. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE