Ragam Permainan Rakyat Meriahkan HUT RI di Natuna

id Ragam,Permainan,Rakyat,Meriah,HUT,RI,Natuna

Ragam Permainan Rakyat Meriahkan HUT RI di Natuna

Lomba Anyam Ketupat dan Ambil Koin dalam Tepung oleh ibu warnai HUT RI ke-69 di Pantai Kencana, Ranai. (antarakepri.com/Zam Jambak)

Penyelenggaraan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69 tahun 2014 di Kabupaten Natuna, berlangsung lebih meriah dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya.

Beragam permainan rakyat di gelar dalam rangka peringatan detik-detik hari bersejarah di wilayah terdepan ini. Mulai dari lomba Tarik Tambang, Raut Lidi, Anyaman Ketupat, Enggrang, Bakiak, memasukan Kelereng dalam botol.

Kemudian, makan Kerupuk, Lari Goni, Gendong pasangan, Sepeda lambat, ambil koin dengan mulut, hula-hula, kukur kelapa, pancing botol, kicau burung dan terakhir Panjat pinang.

"Dalam acara peringatan HUT RI ke 69 ini, sekitar 17 macam permianan rakyat yang di tampilkan," ungkap Toni Yulifandri, koordinator acara di Pantai Kencana, Ranai.

Kegiatan lomba tersebut kata Toni, melibatkan peserta dari unsur putra-putri dimulai dari tingkat anak-anak dan remaja, termasuk para ibu-ibu rumah tangga dan para pria dewasa.

"Peringatan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini sengaja disetting khusus agar tampak berbeda dengan peringatan HUT RI tahun-tahun sebelumnya," katanya.

Dalam kaitan itu tambah Toni, panitia pelaksana telah mempersiapkan berbagai rangkaian kegiatan lomba lain yang bertujuan untuk menambah semarak detik-detik Peringatan HUT RI ke 69 di kabupaten Natuna.

"Bukan permainan rakyat saja yang kita adakan, lomba seni dan olah raga juga di tampilkan, misalnya lari maraton yang sudah selesai di laksanakan, kemudian lomba lagu-lagu daerah dan nasional," tambahnya.

Setiap cabang, jelas Toni, panitia menyediakan berbagai macam hadiah, mulai dari juara satu hingga juara tiga. Masing-masing cabang yang dinilai adalah kategorinya.

"Tahun ini, kita menyediakan hadiah dengan total Rp150 juta, yang terdiri dari berbagai macama barang elektonik dan non barang elektronik. Ini kita lakukan sebagai bentuk luapan kegembiraan menyambut HUT RI dan menanamkan semangat juang angkatan 45, terutama kepada anak-anak," pungkasnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE