Embarkasi Batam Layani Calon Haji Empat Provinsi

id Embarkasi,Batam,Calon,Haji,kepri,Provinsi

Batam (Antara Kepri) - Embarkasi Hang Nadim Batam Kepulauan Riau kembali melayani pemberangkatan calon haji dari empat provinsi yaitu Kepulauan Riau, Riau, Jambi, dan Kalimantan Barat dalam Musim Haji 1435 Hijriah.

"Tahun ini kami melayani pemberangkatan calon haji dari empat provinsi. Jumlah seluruhnya 7.808 orang," kata Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hang Nadim Batam Mazdjad di Batam, Rabu.

Dari 7.808 calon haji yang akan diberangkatkan, sebanyak 795 orang di antaranya berasal dari Provinsi Kepulauan Riau, 4.036 orang dari Provinsi Riau, 1.105 orang dari Provinsi Jambi dan 1872 orang dari Kalimantan Barat serta 90 orang petugas kelompok terbang.

Seluruh calon haji dibagi dalam 18 Kelompok Terbang (Kloter) dan dua gelombang. Gelombang pertama yang ke Madinah terlebih dahulu terdiri dari kolter 1-15 dan gelombang ke dua yang langsung ke Mekkah terdiri dari kloter 16 hingga 18.

Berdasarkan kesepakatan perwakilan dari Kantor Kementerian Agama empat provinsi, calon haji asal Kepri tergabung dalam Kloter satu dan 15, jamaah Riau dalam Kloter dua hingga 10, jamaah Kalbar dalam Kloter 11 hingga 15 dan jamaah Jambi dalam Kloter 16 sampai 18.

"Jamaah kloter 15 terdiri dari dua provinsi yaitu Kepri dan Kalbar," kata dia.

Sesuai jadwal, jamaah Kloter 1 masuk asrama tanggal 31 Agustus dan akan diberangkatkan menuju Madinah tanggal 1 September 2013.

Sementara itu, masa daftar tunggu calon haji bagi warga Kepri mencapai 12 tahun, berdasarkan kuota haji yang ditetapkan pemerintah.

Ia mengatakan hingga kini sudah 11.984 orang yang mendaftar untuk berangkat haji. Padahal kuota haji tiap tahunnya sekitar 700 hingga 900-an orang.

"Artinya, untuk yang baru daftar hari ini, keberangkatannya bisa 12 tahun lagi, berdasarkan nomor kursi," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE