Citilink Tambah Penerbangan ke Jakarta

id BP,Batam,Citilink,Penerbangan,Jakarta,batam,hang,nadim,pesawat

Batam (Antara Kepri) - Maskapai penerbangan berbiaya rendah Citilink Indonesia menambah frekuensi penerbangan dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang Banten, dari tiga kali menjadi empat kali per hari.

"Mulai 15 Agustus kemarin, Citilink resmi menambah frekuensi penerbangan menjadi empat kali per hari," kata Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas Badan Pengusahaan (BP) Batam, Dwi Djoko Wiwoho di Batam, Jumat.

Bandara Internasional Hang Nadim Batam dibangun oleh BP Batam sebagai salah satu fasilitas penunjang status kawasan pelabuhan dan perdagangan bebas Batam dan dikelola langsung lembaga tersebut.

Citilink, kata dia, melayani rute dari Batam ke Jakarta masing-masing pukul 08.40 WIB, 13.10 WIB, 14.15 WIB dan 18.10 WIB, menggunakan pesawat Airbus A-320 dengan waktu tempuh 1,5 jam lebih.

"Meski hampir seluruh operator penerbangan juga melayani rute tersebut, namun Citilink melihat masih ada peluang besar sehingga menambah frekuensi penerbangannya," kata dia.

Djoko mengatakan selain Citilink, maskapai penerbangan Lion Air dan Garuda Indonesia juga memiliki banyak jadwal penerbangan Batam-Jakarta.

Selain melayani penerbangan ke Jakarta, kata dia, Citilink yang menjadikan Batam sebagai penghubung (hub) juga melayani penerbangan ke Medan, Padang, Pekanbaru, Palembang dan Surabaya dengan frekuensi berbeda-beda.

"Citilink juga melayani penerbangan dari Bali ke salah satu kota di Tiongkok selatan dengan transit di Batam. Citilink menganggap Batam sangat strategis," kata Djoko.

Ia mengatakan BP Batam terus mengembangkan fasilitas bandara seiring meningkatnya jumlah penerbangan dan penumpang tujuan domestik dan internasional.

"Kami sudah menambah dua garbarata baru dalam dua tahun terakhir. Kami juga membuka ruang tunggu baru untuk meningkatkan kapasitas bandara," kata dia.

Bandara tersebut dibangun saat BJ Habibie yang juga Presiden RI ke-3 menjabat sebagai Kepala Otorita Batam (sekarang BP Batam). Ia merancang bandara dengan landas pacu sepanjang 4.025 meter sehingga bisa didarati semua jenis pesawat. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE