Asosiasi Welder Minta Pemkab Karimun Dirikan BLK

id Asosiasi,Welder,Pemkab,Karimun,kerja,balai,latihan,BLK,las

Karimun (Antara Kepri) - Asosiasi Welder Fitter Karimun Indonesia (AWFKI) meminta Pemerintah Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau mendirikan balai latihan kerja sebagai pusat pelatihan dan peningkatan kemampuan pekerja bidang welder atau pengelasan.

"Pendirian BLK, terutama bidang 'welder' dan 'fitter', sangat dibutuhkan. Tujuannya untuk menunjang karir para pekerja agar memiliki skill yang dapat bersaing dengan pekerja dari luar," kata Ketua AWFKI Herizal di Tanjung Balai Karimun, Selasa.

Herizal mengatakan, pendirian BLK tidak hanya menunjang karir pekerja, tetapi menjadi sarana untuk mempersiapkan tenaga kerja secara dini yang memiliki skill sesuai kebutuhan dunia kerja di kawasan perdagangan bebas atau "free trade zone" (FTZ) Karimun.

Di kawasan FTZ, menurut dia, sudah banyak berdiri perusahaan-perusahaan galangan kapal yang tentunya membutuhkan pekerja yang memiliki skill di bidang welder.

"Selama ini, pelatihan yang digelar pemerintah daerah sangat terbatas, bukan hanya waktu tapi pesertanya juga terbatas sehingga belum mampu menjawab kebutuhan perusahaan," katanya.

Ia menjelaskan AWFKI, sebagai wadah berhimpun pekerja welder dan fitter, jumlah anggotanya saat ini mencapai 300 orang. Mereka bekerja di sejumlah perusahaan "shipyard" (galangan kapal) di kawasan pesisir Pulau Karimun Besar yang termasuk dalam kawasan FTZ.

"Belum semua anggota AWFKI dapat mengikuti pelatihan yang diadakan pemerintah daerah, karena pesertanya dibatasi. Akibatnya, banyak di antara mereka hanya sebagai buruh biasa, sedangkan posisi 'leader' atau 'manager' diisi pekerja dari luar," tuturnya.

Ia menilai, pendirian BLK bidang welder sangat strategis karena sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, namun demikian, BLK untuk keahlian bidang yang lain juga harus  didirikan karena akan saling menunjang dalam memenuhi keutuhan perusahaan di FTZ yang jumlahnya makin bertambah sehingga akan membutuhkan lebih banyak pekerja.

"Kalau BLK tidak didirikan dari sekarang, kami khawatir penduduk setempat hanya menjadi penonton. Mereka akan tersisih karena kalah bersaing dengan pekerja dar luar yang tentunya sudah mempersiapkan diri untuk itu," ucapnya.

Salah satu perusahaan yang membutuhkan tenaga bidang welder salah satunya adalah PT Saipem Indonesia Karimun Branch, sebuah perusahaan fabrikasi dan anjungan lepas pantai yang beroperasi di Desa Pangke, Kecamatan Meral Barat.

PT Saipem merupakan perusahaan asal Italia yang pertama dan terbesar di kawasan FTZ Karimun dan diperkirakan dalam waktu dekat akan membutuhkan sekitar 4.000 pekerja untuk mengerjakan pesanan atau order dari luar negeri. (Antara)

Editor: Eddy Supriyatna Syafei

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE