Maskapai NAC Jalani Perawatan

id Maskapai,anambas,tanjungpinang,NAC,Perawatan,pesawat,nusantara

Anambas (Antara Kepri) - Maskapai penerbangan Nusantara Air Charter (NAC) tidak dapat melayani rute Tanjungpinang-Kabupaten Kepulauan Anambas terhitung Senin (25/8) hingga Rabu (27/8) mendatang karena pesawat ATR 72-500 yang biasa digunakan harus menjalani perawatan.

Sudah sebulan belakangan NAC resmi menjadi maskapai yang bekerja sama dengan Perusda Anambas Sejahtera untuk melayani rute penerbangan Tanjungpinang-Matak (PP). Pesawat ATR 72-500 dengan kapasitas 50 seat menjadi pilihan untuk didaratkan di Bandara Khusus Matak.

Namun karena alasan perawatan, pesawat ATR 72-500 tersebut ditarik oleh NAC pada Minggu (24/8) silam untuk penggantian beberapa komponen. Hal tersebut disebutkan merupakan regulasi standar yang diterapkan oleh perusahaan manufaktur ATR 72-500 untuk menjaga keselamatan penerbangan.

Menurut surat yang dikirim oleh Direktur NAC, Guntur Aradea kepada Direktur Perusda Anambas Sejahtera, Pesawat ATR 72-500 harus  melakukan penggantian beberapa komponen sesuai dengan regulasi manufaktur untuk menjaga keselamatan penerbangan.

Menurut keterangan Direktur Administrasi dan Keuangan perusda Anambas Sejahtera, M. Nasrul, pesawat ATR 72-500 tersebut sudah ditarik untuk menjalani perawatan sejak Minggu (24/08) kemarin. “Minggu kemarin sudah ditarik. Terhitung hari ini sudah proses perawatan. Untuk rute Tarempa-Tanjungpinang sementara kosong selama tiga hari,” Jelas Nasrul

Dijelaskan dia, pada dasarnya perawatan ATR 72-500 bukan menjadi satu-satunya alasan maskapai ini absen melayani rute Anambas. Pasalnya, NAC sudah menyiapkan pesawat lain untuk menggantikan peran ATR 72-500.

“Sebenarnya NAC sudah menyediakan pengganti, tapi ternyata masalah teknis di bandara kita juga tidak mendukung,” ungkap Nasrul.

Pesawat BAE dengan kapasitas 98 penumpang disebut tidak bisa mendarat di Bandara Matak, sehingga pesawat yang disediakan oleh NAC untuk menggantikan ATR 72-500 juga tidak bisa dimanfaatkan untuk mengangkut penumpang dari Tanjungpinang menuju Matak dan sebaliknya.

“Kita tahulah, runway Bandara Matak tidak bisa digunakan untuk mendaratkan pesawat sebesar itu. Jadi walaupun ada pengganti tetap tidak bisa kita optimalkan untuk melayani rute Tanjungpinang-Matak,” jelasnya.

Kendati demikian rute penerbangan lain yang dibuka Anambas Sejahtera menggunakan pesawat Charter dari NAC tetap berjalan normal. Rute lain tersebut di antaranya Tanjungpinang-Natuna serta Natuna-Pontianak.

“Pesawat pengganti tersebut masih bisa kita gunakan utnuk melayani rute lainnya, seperti Tanjungpinang-Natuna serta Natuna-Pontianak. Jadi rute lain selain Anambas berjalan Normal. Hari ini pesawat penggantinya datang,” jelasnya lagi.(Antara).

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE