Nuryanto Pimpin DPRD Batam Sementara

id Nuryanto,Pimpinan,DPRD,Batam,pelantikan,Sementara,pdi,golkar

Batam (Antara Kepri) - Anggota DPRD Kota Batam Kepulauan Riau dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Nuryanto ditetapkan sebagai Ketua DPRD Kota Batam sementara, hingga ada keputusan lanjutan dari Komisi Pemilihan Umum.

Penetapan sementara itu dibacakan oleh Sekretaris DPRD Kota Batam Marjuki dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Batam Pelantikan angota DPRD 2014-2019, Jumat.

"Sesuai dengan surat KPU, dua orang pimpinan DPRD sementara dipegang oleh dua orang anggota DPRD yang berasal dari partai yang memperoleh suara terbanyak dalam Pemilu," kata Marjuki.

Dalam Pemilu, PDIP meraih delapan kursi DPRD Kota Batam dan Partai Golkar meraih tujuh kursi, paling banyak dibanding partai peserta Pemilu lainnya.

Selain Nuryanto, pimpinan DPRD sementara juga disematkan pada anggota DPRD dari Partai Golkar Zainal Abidin.

Marjuki mengatakan masa tugas pimpinan sementara beakhir sampai dilantiknya pimpinan definitif.

Untuk sementara, Nuryanto dan Zainal Abidin bertugas memimpin rapat DPRD memfasilitasi anggota DPRD dalam menjalankan tugasnya.

Nuryanto pun langsung memimpin Rapat Paripurna DPRD Batam, menggantikan pimpinan sidang sebelumnya, Ruslan.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Kepulauan Riau Soerya Respationo berpesan agar seluruh anggota DPRD yang baru dilantik untuk menjalankan tugasnya dengan baik.

"Tadi seluruh anggota bersumpah pada Tuhan memenuhi kewajiban sebagai anggota DPRD dengan baik dan adil. Bersumpah berbakti kepada bangsa, memperjuangkan aspirasi masyarakat. Mudah-mudahan sumpah dan janji tidak dilupakan dan terlupakan," kata dia.

Sebanyak 50 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Batam Kepulauan Riau periode 2014-2019 dilantik dan mengucapkan sumpah janji yang dipimpin oleh Kepala Pengadilan Negeri Khairul Fuad.

Anggota DPRD dilantik berdasarkan hasil perhitungan Pemilu oleh Komisi Pemilihan Umum Batam, yang terdiri dari delapan orang PDIP, tujuh orang Partai Golkar, enam orang Partai Gerindra, Lima orang Partai Demokrat, lima orang PAN, empat orang Partai Hanura, empat orang Partai Nasdem, empat orang PKS, tiga orang PPP, tiga orang PKB dan seorang PKPI.

Seluruh anggota DPRD Batam yang baru mengucapkan sumpah jabatan dan berjanji akan melaksanakan tugasnya, mendahulukan kepentingan rakyat dibanding urusan pribadi dan golongan. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE