Polda Kepri Kembali Gerebek Gudang Solar

id Polda,Kepri,Gerebek,Gudang,Solar,batam,penimbunan,bbm,subsidi

Batam (Antara Kepri) - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kepulauan Riau menggerebek gudang yang diduga digunakan untuk menimbun solar bersubsidi di Kampung Panglong, Kota Batam, dan menyita sejumlah barang bukti serta mengamankan tiga pelaku.

"Tiga pelaku yang diamankan merupakan sopir minibus, kondektur, dan seorang operator SPBU di mana solar bersubsidi tersebut diambil," kata Kasubdit IV Direskrimsus Polda Kepri AKBP Carles P Sinaga di Batam, Jumat.

Ia mengamankan barang bukti diamankan adalah satu minibus dengan tiga jiriken sudah terisi solar bersubsidi yang akan disetorkan ke gudang tersebut, dua drum kapasitas 200 liter yang sudah terisi.

Sebanyak 14 jeriken kosong, satu pompa untuk menyedot solar, satu tanki fiber kapasitas satu ton dalam kondisi kosong.

"Modus yang digunakan adalah mengambil solar di SPBU disamping Polda Kepri secara terang-terangan. Mereka tidak menggunakan tanki modifikasi, tapi menggunakan jiriken yang diangkat mobil minibus angkot jodoh-nongsa (jono)," kata Carles.

Ia mengatakan, telah menyegel satu mesin pompa solar di SPBU diduga tempat mengambil solar bersubsidi beserta mengamankan satu operatornya.

"Setelah menyegel guang tersebut, kami juga menyegel SPBU-nya. Karena diduga ada kerja sama," kata dia.

Ia mengatakan, masih terus mengejar pemilik gudang yang sudah diketahui identitasnya untuk mengungkap seluruh aktivitas ilegal yang dilakukan.

"Kami juga sudah memeriksa sejumlah saksi dari SPBU tempat pelaku mengambil solarnya. Meski masih berstatus saksi," kata Carles.

Sebelumnya, Polda Kepri pada Senin pekan ini juga menyegel dua gudang serupa di kawasan Batuaji.

Ditreskrimsus Polda Kepri, Kombes Pol Sahardiantono mengatakan akan membasmi segala bentuk penyalagunaan BBM bersubsidi yang sudah meresahkan masyarakat karena mengakibatkan kelangkaan.

"Kami bersama Disperindag akan terus bergerak untuk melakukan penertiban," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE