Muhamad Asyura Pimpinan Sementara DPRD Karimun

id Muhamad,Asyura,golkar,azmi,demokrat,Pimpinan,Sementara,ketua,DPRD,Karimun

Karimun (Antara Kepri) - Politikus Partai Golkar Muhammad Asyura ditunjuk sebagai pimpinan sementara DPRD Karimun, Provinsi Kepulauan Riau menjelang terpilihnya pimpinan definitif.

Penunjukan Muhammad Asyura sebagai pimpinan sementara disampaikan Sekretaris DPRD Karimun Usman Ahmad dalam rapat paripurna istimewa dengan agenda pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan 30 anggota DPRD Karimun masa bakti 2014-2019 di Gedung DPRD Karimun, Jumat sore.

Usman Ahmad mengatakan, dalam menjalankan tugasnya sebagai pimpinan, Muhammad Asyura didampingi satu orang wakil ketua sementara, yaitu Azmi dari Partai Demokrat.

Ia menjelaskan, penunjukan Muhammad Asyura dan Azmi sebagai ketua dan wakil ketua sementara mengacu pada ketentuan dalam Undang-undang No 27/2009 tentang Susunan Kedudukan MPR, DPR, DPD dan DPRD.

"Selama pimpinan definitif belum terbentuk, maka DPRD dipimpin oleh pimpinan sementara yang berasal dari dua partai politik yang memperoleh kursi terbanyak pertama dan kedua," kata Usman Ahmad.

Dia mengatakan, penunjukan Muhammad Asyura dan Azmi sebagai pimpinan sementara juga mengacu pada Keputusan KPU Karimun No 36/kpts/KPU/031/4367/10/2014 tanggal 12 Mei 2014 tentang Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Karimun Hasil Pemilu 2014, bahwa peraih suara terbanyak pertama dan kedua, adalah Partai Golkar dan Demokrat.

Muhammad Asyura dan Azmi, kata dia, ditetapkan sebagai pimpinan sementara juga berdasarkan surat DPD Partai Golkar Karimun No 055/SU-P/Golkar/K/VIII/2014 tanggal 9 Agustus 2014 perihal Usulan Pimpinan Sementara DPRD Karimun dan Surat DPC Partai Demokrat No 022/DPC-PD.KRMN/VIII/2014 tanggal 18 Agustus 2014 dengan perihal yang sama.

Penunjukan Muhammad Asyura dan Azmi sebagai pimpinan sementara ditandai dengan penyerahanan palu dan memori sidang dari pimpinan lama Raja Bakhtiar kepada keduanya.

"Saya berharap palu yang diserahkan dapat dipergunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara," demikian Raja Bakhtiar saat menyerahkan palu tersebut.

Muhammad Asyura, saat memimpin rapat paripurna istimewa menyampaikan terima kasih kepada Partai Golkar yang telah mempercayakan tampuk pimpinan sementara DPRD Karimun.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRD Karimun periode 2009-2014 yang telah bekerja dengan baik dan mengucapkan selamat kepada seluruh anggota DPRD Karimun periode 2014-2019 yang terpilih dalam Pemilu 2014.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, jajaran eksekutif, unsur keamanan, KPU dan Panwaslu serta pihak-pihak terlibat yang telah menyukseskan Pemilu meski kita akui masih memiliki sejumlah masalah," katanya.

Muhammad Asyura terpilih sebagai legislator Golkar untuk daerah pemilihan 3 yang mewilayahi Kecamatan Kundur, Kundur Barat, Kundur Utara, Belat dan Ungar.

Pria kelahiran Kepulauan Riau, 26 April 1966 ini sudah tiga kali berturut-turut menduduki kursi DPRD Karimun, yaitu sejak tahun 2004.

Dalam karir politiknya, Asyura terbilang cukup sukses, bahkan pada Pemilu 2009 merupakan calon legislatif peraih suara terbanyak dibandingkan caleg lainnya.

Sementara itu, Azmi menduduki kursi DPRD Karimun dua kali berturut-turut. Azmi juga terpilih sebagai legislator untuk dapil 3. (Antara)

Editor: Evy R Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE