Taiwan Meyakini Batam Punya Peran Krusial

id Taiwan,Batam,Krusial,masyarakat,ekonomi,asean,mea

Batam (Antara Kepri) - Pengusaha Taiwan menyakini Kawasan Perdagangan Bebas (FTZ) Batam memiliki peran penting dan strategis dalam implementasi masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) 2015 termasuk peningkatan perdagangan Indonesia-Taiwan.

"Kami terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak di Batam dan terus menggali informasi mengenai investasi di kota ini. Kami yakin wilayah Batam akan berperan saat penerapan MEA," kata Direktur Divisi Ekonomi Taipei Economic and Trade Office Indonesia, YC Tsai di Batam.

Ia menilai, peran Batam berbeda dengan daerah lain di Indonesia, dan memperkirakan peluang perdagangan sangat besar di Batam dengan adanya satu pasar ASEAN di AEC 2015.

"Pengusaha Taiwan sangat tertarik berbisnis di Batam dengan kelengkapan fasilitas termasuk insentif fiskal yang bisa memberikan nilai tambah atas komoditas ekspor kami," katanya pada pertemuan dengan Kadin Batam.

Nilai tambah komoditas ekspor yang diberikan, kata dia, menjadi pertimbangan Taiwan menganggap Batam sebagai lokasi yang tepat untuk menyambut pasar bebas ASEAN.

Pengusaha Taiwan meyakini, saat MEA diterapkan, Indonesia bisa menjadi salah satu raksasa ketika ASEAN Economic Community (AEC) berlaku.

"Batam sesuai dengan kebutuhan investor Taiwan yang mayoritas mengandalkan industri hi-tech atau padat modal. Batam beda dengan Jakarta yang bisa membangun industri sistem padat karya," kata dia.

Selain YC Tsai,  petinggi lainnya yang hadiar yakni Clark Sun, First Secretary Economic Division.

Mereka ditemui Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Batam Ahmad Makruf Maulana, Tonny Siahaan, Wakil Ketua Bidang Migas dan Pertambangan Kadin Kota Batam dan sejumlah pengurus lain.

Ketua Kadin Batam Maaruf Maulana mengungkapkan investor Taiwan sudah sejak lama ada di FTZ Batam meski selama ini belum ada hubungan diplomatik. "Namun hal itu tidak menghalangi kerja sama ekonomi," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE