11 Pelabuhan Baru Kepri Siap Beroperasi 2016

id Pelabuhan,Kepri,tol,laut,jokowi

Batam (Antara Kepri) - Sebanyak 11 pelabuhan baru di wilayah Provinsi Kepulauan Riau siap beroperasi pada 2016 untuk mendukung program Tol Laut Presiden terpilih Joko Widodo.

"Kami membangun 11 pelabuhan baru dan diharapkan selesai 2016 untuk mendukung visi tol laut Jokowi," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri, Muramis di Batam, Selasa.

Sebanyak 11 pelabuhan itu di antaranya di Pulau Serasan, Pulau Subi, Pulau Sedanau dan Pulau Laut di Kabupaten Natuna, Pelabuhan Tanjungmoco dan Pelabuhan Malarko di Kabupaten Karimun dan Pelabuhan Dompak di Kota Tanjungpinang.

Ia mengatakan 11 pelabuhan itu sudah dibangun pemerintah daerah sejak 2010. Namun, hingga kini masih dalam pengerjaan karena harus dilakukan pendalaman alur.

Pulau-pulau di Kepri, terutama di Kabupaten Natuna belum dilengkapi pelabuhan memadai, meskipun sudah ada pelayaran PT Pelni dengan kapal besar.

"Jadi selama ini, masyarakat itu tidak bisa turun Kapal Pelni di pelabuhan, karena belum memadai," kata dia.

Masyarakat terpaksa turun kapal di tengah laut, untuk melanjutkan perjalanan menggunakan kapal kayu (pompong) ke pelabuhan. Itu harus dilakukan karena kolam pelabuhan di pulau-pulau itu dangkal dan tidak bisa digunakan tambat oleh kapal besar.

"Seperti di Pulau Subi dan Pulau Laut, masyarakat turun di tengah laut. Istilahnya rede," kata dia.

Dengan 11 pelabuhan baru itu, diharapkan dapat membuka akses masyarakat kepulauan. Jika sebelumnya masyarakat kesulitan berkendara ke pulau-pulau sekitar, maka dengan pelabuhan yang baru akan mempermudah transportasi laut.

Selain itu, pembukaan pelabuhan baru juga diharapkan dapat mempercepat dan mempermudah arus barang kebutuhan pokok, sehingga dapat menurunkan harga barang.

Muramis mengatakan ide Tol Laut oleh Joko Widodo cocok diterapkan di Kepri. Mengingat provinsi muda itu terdiri dari ratusan pulau kecil yang menjorok hingga Laut China Selatan. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE