Kepri Kirim 35 Santri Ikuti MQK Nasional

id Kepri,Kirim,Santri,MQK,Nasional,qiraat,quran

Batam (Antara Kepri) - Provinsi Kepulauan Riau mengirim 35 santri terbaik untuk mengikuti Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) tingkat nasional di Jambi, 2-10 September 2014.

Kepala Seksi Pondok Pesantren dan Diniyah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepri (Kanwil Kemenag Kepri) Mukhrizal di Batam, Selasa, mengatakan 35 kafilah Kepri yang terdiri dari 16 santriwati dan 19 santriwan akan mengikuti seluruh cabang yang dilombakan di MQK.

"Pelatihan sudah dilaksanakan dengan baik. Kami tidak memiliki target yang muluk-muluk, namun kami menargetkan beberapa cabang lomba bisa memperoleh predikat juara," kata Mukhrizal.

Para santri juga sudah mendapatkan pembekalan khusus selama tiga hari di Masjid Baitusyakur Batam, yang diharapkan dapat menambah kemampuan khafilah.

Kepala Kanwil Kemenag Kepri Marwin Jamal mengatakan, optimistis kafilah Kepri dapat meraih juara sebanyak-banyaknya dalam MQK Nasional di Jambi.

"Para santri yang akan dikirim adalah santri yang terbaik yang kami miliki dan diberi kepercayaan yang besar untuk mengikuti ajang nasional maka manfaatkan momentum tersebut dengan baik," kata Marwin saat melepas kafilah MQK Kepri.

Ia mengatakan, santri adalah calon kiai yang mampu membaca Kitab Kuning. Karenanya ia mengingatkan agar seluruh tim untuk tidak meninggalkan ibadah selama rangkaian lomba dan menjaga kekompakan sesama kafilah.

"Selama pelaksanaan lomba, mohon dipelihara ibadah kepada Allah SWT. Harus ada kekuatan spiritual, jangan hanya mengandalkan kemampuan yang dimiliki. Tidak ada yang dapat terlaksana tanpa izin Allah SWT," kata dia.

Ia juga mengingatkan seluruh santri meminta restu orang tua sebelum bertanding, agar mendapatkan rido, kekuatan dan kelancaran saat berlomba.

"Dan jangan lupa pula kembali menghubungi orang tua masing-masing untuk meminta restunya," kata Kepala Kanwil Kemenag. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE