Tim Harapkan Dirut Perusda Karimun Segera Dilantik

id Tim,Harapkan,Dirut,Perusda,Karimun,Dilantik,seleksi

Karimun (Antara Kepri) - Direktur Utama Perusahaan Daerah (Perusda) Karimun, Kepulauan Riau, diharapkan segera terpilih dan dilantik paling lambat pada akhir 2014, kata Sekretaris Tim Seleksi Calon Dirut Perusda Karimun Herwansyah.

"Sesuai dengan jadwal pendaftaran, proses seleksi hingga uji kepatutan dan kelayakan, kami optimistis Dirut Perusda yang definitif bisa dilantik pada tahun ini juga," katanya di Tanjung Balai Karimun, Kamis.

Herwansyah menjelaskan, tahapan pendaftaran atau penyampaian berkas lamaran yang dibuka pada 11 September sudah ditutup pada Rabu (17/9).

Selama tahapan pendaftaran dibuka, ia mengatakan sebanyak 14 pelamar telah menyerahkan berkas lamaran kepada panitia seleksi dengan sekretariat di Kantor Bupati Karimun, Jalan Soekarno Hatta, Tanjung Balai Karimun.

Ke-14 pelamar itu, menurut dia berasal dari berbagai kalangan, dan ada pula yang berasal dari luar Karimun, seperti Batam.

"Pelamar yang memasukkan berkas ada yang mantan anggota dewan, ada pula mantan pimpinan Bank BUMD. Lamaran ada yang diantar langsung dan adapula yang dikirim via pos," katanya.

Pria yang juga menjabat Kepala Bagian Perekonomian Setkab Karimun itu mengatakan, 14 berkas lamaran yang telah masuk langsung diperiksa kelengkapan dan persyaratan administrasinya, dan selanjutnya akan diumumkan melalui media massa pada Jumat (19/9).

Persyaratan administrasi yang harus dipenuhi, menurut dia, antara lain berusia minimal 25 tahun sesuai dengan KTP, ijazah minimal tamatan SMA/sederajat, berpengalaman dalam mengelola perusahaan minimal tiga tahun dan mampu berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan.

"Bagi yang lulus seleksi administrasi itu, kita minta untuk mendaftar ulang pada Senin depan, sebelum mengikuti tahapan selanjutnya," tuturnya.

Ia mengatakan, proses seleksi dilakukan secara transparan dan profesional sehingga diharapkan dapat melahirkan figur Dirut Perusda yang memiliki kemampuan dalam mengembangkan perusahaan, memanaj perusahaan dan tentunya membenahi unit-unit usaha  yang selama ini dinilai belum maksimal pengelolaannya.

"Tim penguji yang menguji kepatuan dan kelayakan para calon melibatkan seluruh dinas terkait, termasuk juga dari Dirjen Keuangan Daerah, Asisten Administasi dan Pembangunan Setkab Karimun, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Koperasi Perindag dan UKM, Dispenda, Inspektorat dan Bagian Perekonomian," paparnya.

Hasil uji kepatutan dan kelayakan dari tim tersebut, menurut dia akan menjadi dasar dalam meloloskan calon untuk mengikuti uji kepatuan dan kelayakan di DPRD Karimun.

"Pelantikan Dirut Perusda diharapkan sudah dilakukan Bupati pada tahun ini juga," kata Herwansyah.

Jabatan Dirut Perusda Karimun lowong lebih dari satu tahun, setelah Usmantono yang beberapa waktu lalu terpilih sebagai Dirut Perusda tersandung kasus hukum sehingga diberhentikan oleh Bupati Nurdin Basirun.

Sebagai pengganti Usmantono, Bupati Nurdin Basirun menunjuk Kepala Dinas Koperasi Perindag dan UKM Muhammad Hasbi sebagai Pelaksana Tugas Dirut Perusda. (Antara)

Editor: Jo Seng Bie

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE