Dua Kendaraan Dinas DPRD Anambas Belum Dikembalikan

id Kendaraan,Dinas,DPRD,Anambas,Belum,Dikembalikan

Anambas (Antara Kepri) - Dua kendaraan dinas yang dipinjampakaikan kepada dua anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas periode 2009-2014, hingga kini belum dikembalikan.

"Masih ada dua kendaraan dinas yang belum dikembalikan dan saat ini kita tetap menunggu agar dikembalikan ke bagian perlengkapan dan aset. Secara administrasi kita telah menyurati yang bersangkutan agar mengembalikan kendaraan itu," kata Sekretaris DPRD Anambas, Taufik Effendi kepada sejumlah wartawan, di ruangan kerjanya, Senin.

Sesuai aturan, kendaraan dinas tersebut merupakan aset daerah yang dipinjamkan guna memperlancar kinerja anggota DPRD, namun jika anggota dewan tersebut tidak terpilih lagi, kendaraan dinasnya tersebut harus dikembalikan.

Taufik kembali berujar, selain kendaraan dinas mantan anggota DPRD juga masih ada kewajiban mengembalikan beberapa aset pemerintah yang pernah dipinjamkan seperti laptop dan ipad. Hingga saat ini masih ada 7 laptop dan 2 ipad yang belum dikembalikan oleh mantan anggota DPRD Anambas.

Sebelumnya. sekretaris DPRD selain menyurati orang-orang yang meminjam barang aset pemerintah tersebut juga telah berupaya melakukan pendekatan dengan yang bersangkutan.

"Secara surat, semua anggota DPRD yang tidak terpilih kita kirimkan agar semua aset yang dipinjamkan dikembalikan. 11 anggota DPRD yang tidak terpilih semuanya meminjam keendaraan dinas dan laptop serta ipad, tapi saat ini 4 (empat) laptop dan 9 ipad sudah dikembalikan. Jadi masih ada 7 laptop dan 2 ipad yang belum dikembalikan," beber dia.

Taufik  kembali menuturkan, jika sudah melewati waktu yang tidak ditentukan belum juga dikembalikan, maka sekretariat akan menempuh cara lain.

Saat ini sekretariat DPRD masih memberikan waktu mengingat mantan anggota DPRD masih punya kesibukan sehingga belum sempat memindahkan data yang ada di laptop dan ipad. Namun waktu yang diberikan tentunya ada batas sehingga kendaraan tersebut bisa digunakan oleh anggota DPRD yang terpilih sekarang.

"Kita masih berpikiran positif. Mungkin saja mantan anggota dewan itu masih sibuk sehingga belum sempat memindahkan data pribadi yang ada di laptop atau ipad, jadi kita juga masih berikan toleransi lah.,  Kita juga akan tetap melakukan pendekatan melalui staf agar menanyakan langsung kepada yang bersangkutan, apa kendalanya sehingga barang yang dipinjamkan tersebut belum dikembalikan, tapi kita juga punya cara tersendiri jika menurut kita tidak ada niat untuk mengembalikan barang itu," tegasnya..

Di sisi lain, Sekwan DPRD Anambas ini juga mengapresiasi salah satu mantan anggota DPRD, Indrayana yang telah mengembalikan semua barang yang pernah dipinjamkan. Hal ini merupakan contoh yang baik bagi mantan anggota dewan yang lain, dan sekretariat DPRD berharap sifat mantan anggota dewan tersebut bisa ditiru oleh mantan anggota dewan lainnya.

Menurutnya, walaupun kendaraan dinas atau laptop dan ipad belum diminta oleh anggota DPRD yang terpilih, namun pihaknya tetap berupaya agar semua barang pinjaman merupakan aset pemkab akan dikembalikan.

"Saya sangat apresiasi yang dilakukan oleh Indrayana, beliau sudah mengembalikan semua barang yang pernah dipinjam dari kita. Mulai dari sepeda motor dinas, laptop dan ipad sudah dikembalikan dengan keadaan baik kepada kita. Saya berharap mantan anggota dewan yang lain bisa meniru apa yang dilakukan oleh Indrayana dan kita juga bisa langsung memberikan kepada anggota yang duduk sekarang, itupun jika mereka membutuhkan. Namun sampai saat ini belum ada anggota dewan yang meminta kendaraan dinas jadi saya rasa ini hanya menunggu waktu saja dan semua pasti akan dikembalikan," pungkasnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE