Batam Harap Riau Hibahkan Pasar Induk

id Batam,Riau,Hibah,Pasar,Induk,jodoh

Batam (Antara Kepri) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, berharap Pemerintah Provinsi Riau segera menyetujui hibah Pasar Induk Jodoh di Batam agar bisa direnovasi sekaligus dikelola oleh Pemkot Batam.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pasar, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Batam Pebrialin di Batam, Selasa, mengatakan sampai saat ini Pasar Induk Jodoh di Batam masih menjadi aset Pemprov Riau, bersama Badan Pengusahaan Batam dan Pemkot Batam.

Padahal, Kota Batam sudah tidak lagi menjadi bagian dari Riau, dan masuk dalam Provinsi Kepri setelah memisahkan diri dari Riau sejak 2002.

Ia mengatakan karena masih tercatat dalam aset Pemprov Riau dan BP Batam, maka Pemkot Batam kesulitan merevitalisasi Pasar Induk Jodoh demi kepentingan pedagang dan masyarakat.

"Dari pertemuan dengan Pemprov Riau, kami diminta menyurati Gubernur Riau agar hibah aset Pasar Induk bisa dilakukan," kata dia.

Pebrialin mengatakan saat ini dokumen permohonan hibah sudah ada di meja Gubernur Riau dan masih menunggu restu Gubernur Annas Maamun.

Jika surat permohonan hibah itu disetujui, maka sesuai dengan prosedur selanjutnya Pemkot akan menaksir nilai bangunan Pasar Induk sebagai dasar dalam kerja sama dengan pihak ketiga untuk mengelola pasar.

Kemudian Pemkot akan melakukan studi kelayakan sebagai persiapan memasuki proses lelang pengelolaan pasar induk.

"Memang panjang tahapannya, tapi begitulah," kata dia.

Rencananya, jika proses hibah selesai, maka Pemkot Batam akan menjadikan pasar tersebut sebagai pasar tradisional yang menampung pedagang grosir dari pedagang kaki lima di Pasar Tos 3000.

Terpisah, Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam Ilham Eka Hartawan BP Batam siap mengelola pasar induk bersama Pemkot Batam.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 153/2012, BP Batam hanya bisa memberikan aset daerah seperti pasar induk dalam skema pinjam pakai untuk dikelola Pemkot. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE