Menhan Resmikan KRI Produksi Dalam Negeri

id Menhan,Resmi,KRI,Produksi,Dalam,Negeri,kapal,perang,palindo,batam

Batam (Antara Kepri) - Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Sabtu, meresmikan KRI Sidat-851 dan Pengukuhan Komandan KRI Surik-645, KRI Siwar-646, KRI Parang-647 dan KRI Terapang-648 di Dermaga Utara Pelabuhan Batuampar, Batam.

"Kapal tersebut resmi masuk jajaran armada TNI," kata Menhan dalam upacara peresmian.

Menurut Menhan, KCR-40 sangat handal di laut, terutama di laut-laut Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau yang menghubungkan nusantara.

Acara peresmian juga dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Pejabat teras TNI AL, Pejabat TNI dari Mabes TNI.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan Protocol of Delivery oleh Direktur PT Citra Shipyard Batam, Aslog Kasal dang Panglima Armada RI Kawasan Timur serta dilaksanakan pula penyerahan Protocol of Delivery dari Dirut PT Citra Shipyard Batam kepada TNI Angkatan Laut.

Dengan diresmikan Kapal Perang RI tersebut, maka diharapkan dapat meningkatkan kemampuan operasional TNI AL dalam mengamankan dan menjaga kedaulatan NKRI.

Peningkatan Alutsista di laut baik bentuk KRI (Kapal Perang Indonesia) dan KAL (Kapal Angkatan Laut) merupakan jawaban konsekuensi atas kondisi geografis wilayah indonesia yang sebagian besar adalah lautan Keberadaan KRI dibangun atas karya anak-anak bangsa Indonesia, yang dijadikan bukti sebagai tanda kebangkitan industri dalam negeri guna kemandirian.

Hal ini seiring dengan perhatian besar pemerintah dalam mengupayakan pemberdayaan industri pertahanan nasional dalam mendukung Alutsista TNI saat ini.

Kelima KRI buatan PT Palindo Marine Shipyard dan PT Citra Shipyard rencananya akan diikutkan dalam Sailling Pass di Surabaya dalam Rangka Memperingati HUT TNI ke 69 di Ujung Surabaya.

"Ini juga sebagai bukti bahwa galangan kapal dalam negeri juga bisa menciptakan kapal yang berkualitas," kata Menhan.

Menhan juga mengucapkan terimakasih pada PT Palindo Marine dan Citra Shipyard yang sudah mewujudkan kapal TNI AL tersebut.  (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE