Ruang Pamer Dekranasda Batam Diresmikan

id Ruang,Pamer,Dekranasda,Batam,Diresmikan

Batam (Antara Kepri) - Wali Kota Batam Kepulauan Riau Ahmad Dahlan meresmikan ruang pamer (showroom) hasil kerajinan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Batam untuk meningkatkan penjualan hasil kreativitas pelaku Usaha Menengah Kecil di kota itu, Senin.

Wali Kota dalam sambutannya berharap dengan pembukaan ruang pamer khusus Dekranasda itu, maka perajin bisa lebih kreatif memproduksi hasil kerajinan.

"Gedung ini untuk mendorong, bagaimana perajin memiliki wadah untuk mempromosikan produknya," kata dia.

Kepada pelaku usaha travel dan tur yang berada di Batam, Wali Kota meminta agar membawa rombongan wisatawan dalam dan luar negeri ke ruang pamer itu, untuk memperkenalkan dan meningkatkan penjualan hasil kreativitas yang dihasilkan Dekranasda.

Selain itu, Wali Kota juga meminta pegawai negeri sipil dan masyarakat yang memiliki tamu dari luar kota untuk singgah di gerai milik Dekranasda itu.

"Ini tugas SKPD terkait untuk membantu. Kalau dari mancanegara, kami harapkan bantuan dari agen perjalanan mengarahkan," kata dia.

Menurut Wali Kota, Dekranasda adalah program yang baik untuk meningkatkan produk ekonomi kreatif. Ia berharap agar program itu dilanjutkan kabinet Presiden terpilih Joko Widodo.

Di tempat yang sama, Kepala Bagian Ekonomi Pemkot Batam, Nurminsyah, mengatakan ruang pamer Dekranasda itu memang disiapkan sebagai sentra kegiatan promosi.

Saat ini sudah bergabung 31 perajin dari penjuru kota, yang berkreasi menggunakan bahan baku gonggong dan hiasan hewan laut lainnya, juga batik khas Batam.

"Kami ingin membantu perajin mempromosikan produk untuk masyarakat lokal, nasional dan internasional," kata dia.

Ketua Dekranasda Batam, Mariana Dahlan, mengatakan ruang pamer itu juga sengaja dibangun untuk memenuhi kebutuhan oleh-oleh wisman dan wisnus yang berkunjung ke Batam.

"Dahulu, wisatawan awalnya sulit membawa oleh-oleh khas Batam. Sekarang sudah mudah didapat. Banyak oleh-oleh berupa suvenir yang tersedia," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE