KONI Karimun: Persiapan Porprov Kepri 90 Persen

id KONI,Karimun,Persiapan,Porprov,Kepri,pekan,olahraga

Karimun (Antara Kepri) - Komite Olahraga Nasional Indonesia Kabupaten Karimun menyatakan persiapan pergelaran Pekan Olahraga Provinsi ke-3 Kepulauan Riau yang dilaksanakan di Tanjung Balai Karimun, 8-15 Oktober 2014, sudah mencapai 90 persen.

"Tinggal 'finishing' dan evaluasi saja. Venue dan sarana prasarana pendukung pergelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) semuanya sudah disiapkan," kata Ketua Harian KONI Karimun Anwar Hasyim di Tanjung Balai Karimun, Selasa.

Anwar Hasyim mengatakan kendala belum terealisasinya "sharing" dana dari Pemerintah Provinsi Kepri tidak menghambat persiapan pelaksanaan Porprov ke-3.

"Sebagai tuan rumah, kita menginginkan agenda provinsi ini berjalan sukses dan lancar. ami berharap masing-masing SKPD yang terlibat berkoordinasi dan mendukung kegiatan ini. Penyelenggaranya memang KONI, tapi Pemkab sebagai tuan rumah memiliki tanggung jawab yang melekat karena mengatasnamakan kabupaten," kata Anwar yang juga Ketua Umum Panitia Daerah Porprov Kepri III.

Sekretaris KONI Karimun yang juga Sekretaris Panitia Daerah Porprov Kepri III Hurnaini mengatakan panitia daerah telah menyiapkan serangkaian acara untuk menyukseskan pesta olahraga tingkat provinsi itu, mulai dari pelaksanaan pembukaan hingga penutupan.

Ia menjelaskan rangkaian acara pembukaan akan diawali dengan pawai obor dari Gunung Jantan, Desa Pongkar, Kecamatan Tebing menuju kediaman dinas Bupati Karimun Nurdin Basirun di Tanjung Balai Karimun.

Di kediaman dinas bupati telah disiapkan satu menara obor yang kemudian dinyalakan oleh Bupati Nurdin Basirun, selanjutnya api obor itu akan kembali diarak ke Stadion Badang Perkasa secara estafet menuju Stadion Badang Perkasa, pusat pelaksanaan Porprov.

"Di Stadion Badang Perkasa, saat upacara pembukaan, Gubernur atau pejabat yang ditunjuk akan menyalakan menara obor tanda dimulainya Porprov III," tutur Hurnaini.

Serangkaian acara dimulai dari defile kontingen hingga pertunjukan pendukung telah disiapkan oleh SKPD terkait untuk memeriahkan acara pembukaan.

Pada malam hari usai pembukaan di Stadion akan digelar acara "Welcome Party" di Panggung Rakyat Putri Kemuning, Coastal Area, Tanjung Balai Karimun, dihadiri para atlet dan undangan dengan menyuguhkan berbagai acara pendukung.

Menurut Hurnaini, sebanyak 450 atlet dari tujuh kabupaten/kota akan berpartisipasi dalam Porprov ke-3 dengan memperlombakan 23 cabang olahraga.

Sarana prasarana pertandingan, seperti venue, matras dan lapangan menurut dia sudah dipersiapkan.

Beberapa jenis olahraga yang dipertandingkan, di antaranya sepak bola dan atletik, bola voli dan panjat tebing akan diselenggarakan di Stadion dan GOR Badang Perkasa, termasuk juga lintasan balap sepeda yang akan menggunakan jalan di depan stadion menuju Desa Pongkar, Kecamatan Tebing.

"Untuk lintasan balap sepeda sedang dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum, terutama untuk memperbaiki jalan yang berlubang dan membersihkan pasir," kata dia.

Sejumlah sarana olahraga milik swasta, menurut dia, juga sudah dipersiapkan, antara lain kolam renang Viarama untuk cabang renang, kompleks lapangan Indo Futsal untuk bulutangkis dan futsal, lapangan Futsal Sungai Raya untuk sepaktakraw, GOR Gajahmada untuk tenis meja dan lapangan tenis Teluk Air untuk cabang tenis lapangan.

"Kami juga sudah menyiapkan sarana akomodasi di hotel-hotel dan penginapan untuk menampung para kontingen dan tamu undangan," kata dia.

Lebih lanjut, ia mengharapkan agar SKPD terkait ikut memperhatikan kelancaran Porprov seperti mengatasi kemacetan agar pelaksanaan pawai obor berjalan lancar, termasuk juga penyambutan kontingen di pelabuhan, penyiapan tenaga medis dan sarana transportasi.

"Hingga saat ini sudah ada dua kontingen yang tiba di Karimun, yaitu tim sepak bola dari Anambas pada Minggu (28/9) dan kontingen dari Natuna pada Senin (29/9)," katanya.

Sementara itu, Bupati Karimun Nurdin Basirun mengharapkan pelaksanaan Porprov berjalan sukses dan lancar sehingga mengharumkan nama daerah.

Nurdin juga sempat mempertanyakan minimnya sosialisasi pelaksanaan Porprov sehingga gaungnya tidak semeriah pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Kepri yang dilaksanakan beberapa bulan lalu. Karena itu, ia meminta SKPD terkait memasang spanduk dan spanduk sukses Porprov.

"Saya berharap pelaksanaan Porprov sukses sebagai tuan rumah, sukses penyelenggaraan dan sukses dalam berprestasi. Layani kontingen dengan baik sehingga mereka mendapatkan kesan yang baik selama berada di Karimun," tambah Nurdin Basirun. (Antara)

Editor: Farochah

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE