Batam Tawarkan Wisata Memancing dan Menyelam

id Batam,Wisata,Memancing,Menyelam

Batam (Antara Kepri) - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau menawarkan wisata memancing dan menyelam dalam Batam Fishing Diving and Sport Tourism (BFST) di Pulau Abang, 18-19 Oktober 2014.

"Acara ini untuk memperkenalkan destinasi pariwisata baru kepada wisatawan domestik, wisatawan nusantara dan juga internasional," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam Yusfa Hendri di Batam, Rabu.

Gugusan Pulau Abang di selatan Kota Batam memiliki gugusan terumbu karang yang cantik dan disebut-sebut memiliki kekayaan Blue Coral yang langka di dunia.

Dalam acara dua hari itu, peserta diajak memancing di sekitar pulau abang menggunakan kapal kayu pompong bersama masyarakat lokal.

"Untuk mengikuti acara ini, masyakat harus mendaftar. Kami bekerja sama dengan Batam Fishing Club," kata dia.

Peserta juga diharuskan membayar sejumlah iuran untuk dapat memancing bersama. Dana itu untuk membayar sewa kapal kayu, kaus dan perlengkapan memancing lainnya.

Panitia juga menyiapkan dua orang masyarakat tempatan sebagai pengendara kapal dan anak buah kapal yang menemani peserta menjelajahi perairan Pulau Abang.

Pemerintah membatasi hanya untuk 40 tim pemancing. Satu tim terdiri dari enam orang termasuk dua orang pemandu kapal.

Sedangkan untuk wisata menyelam dalam BFST, pemerintah membukanya untuk umum.

"Semuanya boleh ikut, gratis," kata dia.

Pemkot menyiapkan perlengkapan menyelam standar bagi wisatawan yang ingin ikut melihat keindahan bawah laut Pulau Abang.

"Kami akan antar ke beberapa spot menyelam," kata Yusfa.

Dalam acara itu, Pemkot juga akan Pramuka Saka Pariwisata dan mengukuhkan Kelompok Sadar Wisata Batam.

BFST merupakan satu dari rangkaian acara yang diselenggarakan Pemerintah Kota Batam dalam merayakan Hari Ulang Tahun Batam 18 Desember 2014.

Yusfa mengatakan pemerintah menyelenggarakan sekitar 10 acara untuk merayakan HUT Kota Batam. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE