Natuna Targetkan Empat Besar Porprov

id Natuna, Targetkan Empat Besar, Porprov, zam jambak

Natuna (Antara kepri) - Dalam iven Pekan Olahraga Provinsi (Poprov) Kepri ke III tahun 2014 di Tanjung Balai Karimun, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Natuna menargetkan masuk empat besar.

"Target kita, Natuna masuk tiga besar, minimal masuk empat besar dalam kancah Olah Raga tingkat Provinsi Kepri yang berlangsung di Karimun nanti," ungkap Ketua KONI Natuna, Hadi Chandra, Rabu.

Ia mengatakan, Natuna mengirimkan sebanyak 321 kontingen yang terdiri dari 222 atlet dari 18 cabang yang diikuti, 62 orang official, 15 orang panitia pelaksana, 15 orang peserta pendamping dan 6 orang peninjau yang berasal dari pemerintah daerah Natuna.

Hadi Candra juga menjelaskan, ada hal yang menarik dalam pekan olah raga provinsi Kepri kali ini, yaitu semua peserta adalah murni dari putera daerah. Hal ini dilakukan untuk mendongkrak potensi generasi muda Natuna untuk bisa tampil di luar daerah.

"Satu yang perlu saya sampaikan, bahwa semua peserta kita yang ikut Porprov tahun ini asli putera daerah, tak ada satu pun atlet luar yang kita ikutkan. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk membuka ruang bagi atlet daerah untuk terus mengembangkan bakatnya agar bisa tampil di luar Natuna," jelasnya.

Pada Porprov sebelumnya, tambah Chandra, KONI Natuna menggunakan pemain naturalisasi yang direkerut dari sejumlah daerah.

"Ini kita lakukan semata-mata untuk membuka kesempatan kepada putera daerah terbaik untuk berprestasi setinggi-tingginya, jika perlu untuk tingkat Nasional," tambahnya.

Sebagaimana di ketahui, kata Chandra, KONI Natuna pada tahun ini menggelontorkan anggaran dana sebesar Rp2,8 miliar guna mencetak atlet yang berprestasi di semua cabang.

"Atlet ini bukan hanya dilatih untuk mahir dalam bidangnya saja, melainkan juga semangat dan karekternya. Sehingga mereka menjadi atlet yang handal dengan mentalitas kuat juga memilki kepribadian yang tinggi," ujarnya lagi.

Sementara itu, Bupati Natuna, Ilyas Sabli pada pelepasan yang berlangsung di pantai Kencana, Ranai berpesan, agar para peserta bisa mendapatkan hasil yang gemilang dan megharumkan Natuna dalam setiap cabang yang lombakan.

"Kepergian para peserta dan ofisial ini, bukan untuk bermain dan berhura-hura belaka, melainkan  dalam rangka perjuangan untuk mengangkat dan mengharumkan nama daerah Natuna di kancah provinsi," ungkap Ilyas.

Menurut Ilyas,  menjaga semangat dan mental tanding menjadi satu hal utama bagi para peserta sehingga  bisa meraih kemenangan yang gemilang seperti yang diharapkan. (Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE