Sepak Bola Awali Porprov Kepri di Karimun

id Sepak,Bola,Porprov,Kepri,pekan,olah,raga,provinsi,Karimun

Karimun (Antara Kepri) - Cabang sepak bola akan mengawali pertandingan Pekan Olahraga Provinsi Kepulauan Riau III yang diselenggarakan di Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, pada 8-15 Oktober 2014.

"Cabang sepak bola mulai dipertandingkan Kamis (2/10) besok, lebih awal dari acara pembukaan porprov pada 8 Oktober," kata Kepala Bagian Humas Setkab Karimun Muhammad Yosli di Tanjung Balai Karimun, Rabu.

Pada Rabu siang, tiga kontingen terakhir, yaitu Batam, Tanjungpinang dan Lingga telah tiba di Tanjung Balai Karimun dan disambut oleh panitia di pelabuhan domestik Tanjung Balai Karimun, sedangkan enam kontingen lain tiba lebih dulu, di antaranya Kabupaten Natuna, Bintan dan Anambas.

Keenam kontingen kabupaten/kota yang sudah datang, termasuk kontingen tuan rumah telah diinapkan di hotel yang telah ditetapkan.

"Soal pencabutan undian untuk menentukan tim mana yang bertanding akan ditentukan oleh panitia pertandingan. Yang jelas, pertandingan perdana dimulai besok di Stadion Badang Perkasa," katanya.

Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Karimun yang juga Ketua Umum Panitia Daerah Porprov Anwar Hasyim mengatakan, sedikitnya 450 atlet dari tujuh kabupaten/kota akan bertanding dalam 23 cabang olahraga.

"Persiapan pelaksanaan porprov sudah rampung. Kita berharap pelaksanaan porprov tidak hanya sukses dalam penyelenggaraan, tetapi juga mampu melahirkan atlet-atlet berprestasi yang nantinya akan mewakili Provinsi Kepri di ajang yang lebih tinggi," kata dia.

Anwar Hasyim mengatakan, masing-masing pengurus cabang olahraga telah mempersiapkan sarana dan prasarana pertandingan, mulai dari venue atau arena, lapangan, matras dan peralatan pertandingan lainnya.

"Sebagai tuan rumah, kami tentu ingin memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh kontingen," kata dia.

Sekretaris KONI Karimun sekaligus Sekretaris Panitia Daerah Porprov  Hurnaini mengatakan, pihaknya telah menyiapkan serangkaian acara selebrasi untuk memeriahkan pesta olahraga tingkat provinsi itu.

Ia menjelaskan rangkaian acara pembukaan akan diawali dengan pawai obor dari Gunung Jantan, Desa Pongkar, Kecamatan Tebing menuju rumah dinas Bupati Karimun Nurdin Basirun di Tanjung Balai Karimun, yang selanjutnya api obor itu kembali diarak secara estafet menuju Stadion Badang Perkasa, pusat pelaksanaan porprov.

Acara pembukaan dimulai dengan defile kontingen hingga pertunjukan pendukung telah disiapkan oleh SKPD terkait untuk memeriahkan acara pembukaan.

Pada malam hari usai pembukaan di Stadion akan digelar acara "Welcome Party" dihadiri para atlet dan undangan dengan menyuguhkan berbagai acara pendukung di Panggung Rakyat Putri Kemuning, Coastal Area, Tanjung Balai Karimun.

Beberapa jenis olahraga yang dipertandingkan, selain sepak bola adalah atletik, bola voli dan panjat tebing akan diselenggarakan di Stadion dan GOR Badang Perkasa, termasuk juga lintasan balap sepeda yang akan menggunakan jalan di depan stadion menuju Desa Pongkar, Kecamatan Tebing.

"Untuk lintasan balap sepeda sedang dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum, terutama untuk memperbaiki jalan yang berlubang dan membersihkan pasir," kata dia.

Sejumlah sarana olahraga milik swasta, menurut dia, juga sudah dipersiapkan, antara lain kolam renang Viarama untuk cabang renang, kompleks lapangan Indo Futsal untuk bulutangkis dan futsal, lapangan Futsal Sungai Raya untuk sepaktakraw, GOR Gajahmada untuk tenis meja dan lapangan tenis Teluk Air untuk cabang tenis lapangan. (Antara)

Editor: Tunggul Susilo

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE