Minim Minat Perempuan Tanjungpinang Periksa Rahim

id Minim Minat, Perempuan Tanjungpinang, Periksa Rahim,

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Pendeteksian kangker rahim yang dilakukan secara gratis di Prodia dari Mei 2014 hingga saat ini (11/10) tercatat hanya 135 wanita Kota Tanjungpinang yang sudah melakukan Iva dan Papsmear di Prodia Jalan Ir Sutami.

"Tercatat Dari Mei 2014 sampai sekarang (11 /10), pasien yang melakukan Iva dan Papsmear sebanyak 135 orangnya," kata pegawai pelayanan Prodia, Dian, Sabtu.

Mengenai klasifikasi berdasarkan penderita dari deteksi dini terhadap kangker leher rahim tersebut, Dian mengaku tidak mengetahui pasti terhadap rekab data Iva dan Papsmear melalui program Badan Penyelenggara Jaminan
Sosial (BPJS)Kesehatan Kota Tanjungpinang tersebut.

"Datanya langsung dikirim ke Pusat, di Prodia hanya pemeriksaannya saja berupa melakukan Iva dan Papsmear khusus bagi peserta BPJS," paparnya.

Meskipun pemeriksaan dan Papsmear dilakukan cukup dengan menggunakan kartu BPJS dan secara gratis, namun diperkirakannya hingga saat ini pasien tidak mencapai 40 persen dari yang ditargetkan.

Di wawancara terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kota Tanjungpinang, Rizka Adhiati menargetkan ada 2.500 peserta BPJS yang harusnya melakukan deteksi dini terhadap kangker tersebut.

"Kita menargetkan ada 2.500 wanita di Tanjungpinang yang melakukan Iva dan Papsmear untuk mendeteksi kangker rahim," kata Rizka.

Padahal, sambungnya, BPJS Kesehatan Cabang Kota Tanjungpinang sudah melakukan kerjasama dengan Prodia untuk mendeteksi kangker rahim tersebut secara gratis, dari Mei 2014 dan akan berakhir pada 30 November 2014.

Mengenai jumlah hasil deteksi terhadap kangker rahim tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Kota Tanjungpinang, masih belum menerima hasil prosesnya.

"Kalau bisa segera dideteksi, karena kangker rahim ini, adalah pembunuh wanita ke-2 di Indonesia setelah kangker payudara," imbuhnya. (Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE