Porprov Kepri di Karimun Terganggu Pemadaman Listrik

id Porprov,Kepri,Karimun,pln,Pemadaman,Listrik,pekan,olahraga,

Karimun (Antara Kepri) - Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kepulauan Riau ke-3 di Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, Senin, terganggu pemadaman aliran listrik PT PLN Persero Ranting Tanjung Balai Karimun.

"Ada beberapa pertandingan yang terganggu. Cabang olahraga binaraga, misalnya, dipindahkan dari Gedung Nasional ke halaman rumah dinas bupati karena listrik padam," kata Wakil Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Karimun Freddy di Tanjung Balai Karimun, Senin malam.

Freddy mengatakan beberapa pertandingan yang tertunda beberapa saat akibat pemadaman listrik, antara lain karate, catur, bulutangkis dan biliar.

"Untuk pertandingan yang menyewa fasilitas swasta, seperti bulutangkis, karate atau biliar dapat dilanjutkan karena pengelola telah menyiapkan genset untuk mengantisipasi pemadaman listrik PLN," kata dia.

Sementara, untuk pertandingan sepak bola di Stadion Badang Perkasa menurut dia masih bisa berlangsung meski listrik padam.

"Hari ini tidak begitu banyak cabang yang dipertandingkan. Sebagian besar sudah memasuki babak final kemarin," kata dia.

Menurut dia pemadaman listrik sebetulnya telah mengganggu beberapa pertandingan sejak pembukaan Porprov meski tidak ada pertandingan yang ditunda dalam jangka waktu lama.

"Kita sudah menyampaikan kepada pihak PLN agar tidak ada pemadaman, tapi mungkin kondisi mesin yang tidak memadai sehingga masih terjadi pemadaman, terutama hari ini karena listrik padam sepanjang hari," katanya.

Aliran listrik di sejumlah wilayah Tanjung Balai Karimun padam sejak pukul 02.00 WIB dini hari dan sempat menyala beberap kali namun kembali padam hingga malam ini.

Kepala PT PLN Persero Ranting Tanjung Balai Karimun Dedi Januar mengatakan, pemadaman listrik terjadi akibat kerusakan jaringan pada mesin pembangkit PLTD Unit Bukit Carok Kecamatan Tebing.

"Kerusakan bukan pada mesin, tetapi jaringan 'pinkubel' dari mesin sewa di Bukit Carok yang terbakar dini hari tadi," katanya ketika dihubungi di Tanjung Balai Karimun, Senin.

Ia mengatakan kerusakan tersebut mengakibatkan padamnya aliran listrik pada beberapa kawasan di pusat kota Tanjung Balai Karimun Kecamatan Karimun, Meral dan Tebing.

"Ada dua jalur yang mengalami pemadaman, seperti di Teluk Air, Lubuk Semut dan sekitarnya, kemudian di Sei Lakam, Pelipit hingga kantor bupati," kata dia.

Menurut dia, teknisi sebenarnya sudah berhasil memperbaiki kerusakan tersebut pada dini hari tadi, namun tidak sampai satu jam kembali mengalami kerusakan hingga pemadaman listrik tidak bisa dihindari dan berlangsung sepanjang hari.

"Kami sudah menghubungi kantor cabang di Tanjungpinang untuk mengirimkan onderdil. Pihak Tanjungpinang langsung merespons dan mengirim penggantinya dengan kapal dan sudah tiba dari Tanjungpinang tadi siang," katanya.

Ia mengatakan, teknisi terus berupaya melakukan perbaikan sehingga pemadaman listrik sudah teratasi pada malam ini.

"Mudah-mudahan malam ini sudah bagus," kata dia.

Batam Unggul

Mengenai komposisi sementara perolehan medali Porprov, ia mengatakan kontingen Batam masih menduduki posisi teratas disusul  Tanjungpinang dan tuan rumah Karimun.

"Batam mendominasi cabang atletik dan renang. Sementara tuan rumah sementara di posisi ketiga meski meraih medali cukup banyak, namun jumlah medali emas lebih banyak diraih Batam dan Tanjungpinang," katanya.

Porprov Kepri ke-3 diselenggarakan di Tanjung Balai Karimun pada 8-15 Oktober 2014, mempertandingkan 23 cabang olahraga dengan 246 nomor pertandingan yang diikuti kontingen tujuh kabupaten/kota se-Kepri. (Antara)

Editor: Jo Seng Bie

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE