BMKG Imbau Pengguna Transportasi Laut Kepri Hati-hati

id BMKG,cuaca,Pengguna,Transportasi,Laut,Kepri

Batam (Antara Kepri) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Hang Nadim Batam mengimbau nelayan dan pengguna transportasi agar berhati-hati karena gelombang tinggi dan arus laut kuat di wilayah Perairan Kepulauan Riau, terutama di Perairan Kabupaten Bintan.

Prakirawan BMKG Hang Nadim Batam Sri Sulismiyati di Batam, Minggu memprakirakan gelombang di Perairan Bintan mencapai dua meter dengan arus laut hingga 40 cm per detik.

Ia mengatakan berdasarkan pantauan secara umum cuaca Kepri diprakirakan berawan dan berpeluang hujan dengan intensitas ringan yang terkadang disertai petir dan angin kencang.

"Kondisi ini masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat dan udara sedangkan untuk transportasi laut diimbau lebih berhati-hati," kata dia.

Adanya pola belokan angin di sekitar wilayah Kepri menyebabkan banyak massa udara yang terkumpul di wilayah itu sehingga potensi pertumbuhan banyak awan sangat besar.

Ditambah dengan kondisi udara atas labil dengan kelembapan tinggi yang juga memicu terbentuknya awan hujan.

Secara detil, BMKG memprakirakan cuaca wilayah Kota Batam pada Minggu pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 37 kilometer per jam arah timur.

Suhu udara di Batam antara 24 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembaban 62 sampai 96 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan 0,7 sampai 1,5 meter.

Cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada Minggu pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam kembali berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 35 kilometer per jam arah timur.

Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan antara 24 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembaban 64 sampai 97 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan 0,8 sampai dua meter.

Karimun pada Minggu pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam kembali berawan. Kecepatan angin mencapai lima sampai 32 kilometer per jam arah timur.

Suhu udara di Karimun antara 24 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembaban 64 sampai 93 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan 0,7 sampai 1,3 meter.

Cuaca di Lingga Minggu pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam kembali berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 35 kilometer per jam arah tenggara.

Suhu udara di Lingga antara 23 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembaban 68 sampai 96 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,7 sampai dua meter.

Kabupaten Natuna pada Minggu pagi berawan hujan ringan dan siang hingga malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 37 kilometer per jam arah tenggara.

Suhu udara di Natuna antara 24 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembaban 68 sampai 93 persen. Dan gelombang laut diperkirakan satu sampai 2,5 meter.

Sedangkan di Kabupaten Anambas, pada Minggu pagi berawan hujan ringan dan siang hingga malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 35 km per jam arah tenggara.

Suhu udara Anambas antara 24 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembaban 63 sampai 91 persen. Sedangkan gelombang diperkirakan 0,8 sampai dua meter. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE