Pembangunan Perpustakaan Batam Dipastikan Tertunda

id Pembangunan,Perpustakaan,Batam,Tertunda

Batam (Antara Kepri) - Wakil Wali Kota Batam, Kepulauan Riau, Rudi memastikan pembangunan gedung perpustakaan daerah tertunda dan tidak bisa diselesaikan pada 2014 meskipun sudah dianggarkan dalam APBD Batam 2014.

"Penyerapan anggaran ada yang tidak bisa selesai karena masalah administrasi seperti perpustakaan," kata Wakil Wali Kota Batam Rudi di Batam, Rabu.

Wakil Wali Kota tidak menjelaskan masalah administrasi yang menyebabkan pembangunan gedung bergengsi itu ditunda.

Meski begitu, ia meyakinkan pembangunan Gedung Perpustakaan Daerah akan dilanjutkan pada tahun anggaran 2015.

Gedung Perpustakaan Daerah direncakan dibangun dalam sembilan lantai dan memakan anggaran daerah mencapai Rp105 miliar. Beberapa kantor dinas dan badan Pemkot Batam juga akan berkantor di sana.

Secara umum, ia mengatakan beberapa proyek tahun 2014 tidak bisa dilaksanakan karena berbagai hal, di antaranya tidak ada peserta lelang yang memenuhi persyaratan.

Panitia lelang, kata dia, tidak bisa memaksa untuk melanjutkan proses lelang bila tidak ada perusahaan yang bisa memenuhi persyaratan, meskipun proyek itu sangat dibutuhkan. Hal itu dilakukan untuk menjaga kualitas proyek.

"Kami dorong masalah ini dibenahi dan agar pimpinan SKPD menyelesaikan pembangunan," kaa dia.

Pada tahun anggaran 2014, terdapat tiga dinas yang dianggarkan belanja langsung paling besar yaitu Dinas Tata Kota yang membangun Gedung Perpustakaan Daerah, Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Pendidikan.

Menurut Wakil Wali Kota, di tiga dinas itu juga yang paling banyak tidak menyerap anggaran maksimal.

Ia mengatakan Pemkot akan mengaji ulang rencana pembangunan yang tidak selesai pada tahun ini. Proyek akan dilanjutkan 2015 hanya jika pembangunan itu dinilai amat dibutuhkan oleh masyarakat.

"Kami akan evaluasi terlebih dulu dan meminta pimpinan SKPD untuk menjelaskan. Kalau saat ini masih tahap lelang karena ada kendala, akan kami usulkan di APBD 2015," kata dia.

Terpisah, Kepala Dinas Tata Kota Gintoyono Batong memperkirakan beberapa proyek yang ditanganinya akan selesai pada November 2014.

Ia mengatakan di antara banyak proyek pembangunan, pihaknya sudah menyelesaikan 80 persen di antaranya.  "Kalau pun ada yang tidak selesai, itu karena pembangunannya mulityears, bertahap," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE