Kabinet Kerja Untungkan Kepri

id Kabinet, Kerja Untungkan, Kepri

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Sesuai dengan visi misinya Presiden R.I ke-7 Joko Widodo untuk memajukan kemaritiman Indonesia, memberikan dampak positif beberapa provinsi kepulauan di Indonesia, termasuk Provinsi Kepri.
"Kepri memiliki harapan yang besar, karena memang di dalam visi misinya Jokowi itu mengarah kepada kemaritiman. Kebetulan Kepri merupakan provinsi kepulauan, jadi Kepri diuntungkan dengan adanya kebijakan tersebut,"kata Kabid Perencanaan Pemerintahan Bappeda Kepri, Ruli Friadi, Senin.
Selain itu, adanya UU baru No.23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah sambungnya, juga ada beberapa pasal yang membahas tentang provinsi kepulauan.
"Seperti masalah Dana Alokasi Umum (DAU) yang dulunya tidak menghitung wilayah perairan, kini dengan UU baru tersebut, luas lautan juga dihitung untuk formulasi DAU," paparnya.
Jadi menurut Ruli, Provinsi Kepri sangat diuntungkan, baik dari segi kebijakan presiden serta segi regulasi yang baru.
"Kita memang akan menyusun kebijakan baru terkait dengan itu, serta kita akan mencoba untuk lebih banyak merencanakannya di sektor-sektor kelautan, "papar Ruli.
Saat ini pihaknya juga sedang menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kepri untuk periode 5 tahun kedepan.  RPJM untuk mensinkronkan antara kebijakan pusat dan kebijakan daerah. Termasuk perhatian terhadap pulau-pulau terdepan di Kepri yang berada di perbatasan.
"Karena di daerah tersebut masih banyak yang belum berpenghuni, serta dari kedaulatan negara serta ketahanan pangan yang masih banyak harus kita perbuat," ucap Ruli pada Antara.(Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE