Wali Kota Batam Dianugerahi Tokoh Kepemimpinan Budaya

id Wali,Kota,Batam,anugerah,Tokoh,Kepemimpinan,riau,Budaya,melayu

Batam (Antara Kepri) - Wali Kota Batam Kepulauan Riau Ahmad Dahlan dianugerahi Tokoh Kepemimpinan Budaya dalam Konvensi Dunia Melayu Dunia Islam ke-15 di Malaka, Malaysia.

"Wali Kota Batam dinilai telah berjasa dalam memajukan kerjasama dengan Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) yang meliputi bidang sosial, budaya dan pariwisata," kata Kepala Bagian Humas Pemkot Batam Ardiwinata di Batam.

Penghargaan itu diserahkan oleh Timbalan Perdana Menteri Malaysia, YAB Tan Sri Muhyiddin bin Haji Mohd Yassin di Malaysia Senin (27/10).

Ahmad Dahlan juga dinilai berkomitmen dalam memberikan pembinaan dan pengembangan budaya Melayu di Batam.

"Ini bukan penghargaan sembarangan karena dinilai langsung oleh Presiden DMDI," kata dia.

Apalagi Ahmad Dahlan baru saja menyelesaikan pendidikan strata tiga dari University Of Malaya (UM), Kuala Lumpur, Malaysia, dengan disertasi tentang Sejarah Melayu pada fase akhir Kerajaan Riau-Lingga pada waktu antara 1896-1913, dengan judul Peranan Para Cendekiawan Dalam Menentang Politik Penjajahan Belanda, yang Berujung dengan Pemakzulan Sultan Abdurrahman Muazzamsyah II pada 1911.

Konvensi DMDI ke-15 digelar selama tiga hari dengan tujuan menghimpun pemimpin dan tokoh Melayu Islam dari seluruh dunia, untuk meningkatkan taraf sosial ekonomi dan pengembangan budaya Melayu serta da'wah Islamiah.

Ardi mengatakan sekitar 1.500 peserta hadir dalam konvesi tahunan itu yang datang dari berbagai negara, di antaranya Indonesia, Singapura, Brunei, Thailand, Filipina, Kamboja, Sri Lanka, Australia, China, Madagaskar, Afrika Selatan, Inggris, Timor Leste, Mesir, Maladewa, Bosnia Herzegovina, Belanda dan Malaysia.

Rencananya Konvensi DMDI ke-16 akan diadakan di Jakarta.

Batam sendiri pernah menjadi tuan rumah DMDI ke-10 yang diikuti hampir seluruh pimpinan daerah suku Melayu pada 2009. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE